Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 07 Agustus 2020

MENGGALI IDE TULISAN ARTIKEL -HARI KE 5

 

 

MENGGALI IDE TULISAN ARTIKEL

MENGUJI IDE UNTUK TULISAN ARTIKEL

AGAR DIMUAT PADA KORAN DAN MAJALAH

 

Hari Ke 5 Artikel Kang Encon 

Ada 9 cara menggali ide tulisan untuk artikel.

1.Melalui pengalaman

2.Pendapat orang lain

3.Obrolan

4.Pengamatan

5.Pengetahuan

6.Perasaan

7.Tontonan

8. Keinginan

9. Bacaan

1.      Pengalaman-

Rekan-rekan semua ide artikel dapat kita gali yang pertama melalui pengalaman. Pengalaman kita sebagai guru bisa aja cara mengajar, anak “ nakal” misalnya tentu sangat mudah untuk dijadikan daripada misalnya kita menulis tentang masalah politik. Karena politik bukan bagian kita pengalaman sehari-hari kita pengalaman dengan teknik mengajar teknik beradaptasi dengan guru, dengan teknik diskusi itu bagian yang lainnya,  bisa dijadikan salah satu artikel kita di surat kabar.

Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk oleh karena itu pengalaman mengajar bisa jadi kita bisa dijadikan sebagai salah satu penelitian tindakan kelas yang selanjutnya bisa juga hasil PTK itu dikemas kembali dalam bentuk artikel. Artikel yang kita miliki yang kita contohnya salah satu teknik yang bisa digunakan untuk latihan. Bisa saja rekan-rekan semua mencoba membuat tulisan artikel melalui pengalaman-pengalaman yang dialami itu, bahkan pengalaman mengajar bisa jadi kita bisa dijadikan sebagai salah satu penelitian tindakan kelas yang selanjutnya bisa juga hasil PTK itu dikemas kembali dalam bentuk artikel.

 


   Yang kedua yang bisa dijadikan untuk ide adalah pendapat. Berbagai pendapat dari orang, nah berbagai pendapat itu selanjutnya kita ramu jadi artikel.  Aku ke jadi kalau kita berbicara dengan orang dengan siapapun maka bisa dijadikan salah satu narasumber dijadikan sebagai rujukan di dalam proses menulis karangan.

Pengalaman beliau dalam menulis artikel koran dan majalah dari pengalaman seringkali menggunakan obrolan atau pendapat sebagai salah satu teknik untuk mencari ide tulisan karangan contoh dulu Pada suatu hari saya ikut rapat begitu rapat pembinaan di bidang pendidikan kemudian si narasumber ini bercerita tentang eksistensi kepala sekolah yang agak berbeda tentang eksistensi sekolah atau kepala sekolah maka saya catat data-data itu saya pulang dari dinas, kemudian saya menuangkan gagasan dalam bentuk artikel dan pengawas sekolah kaget,  gitu kamu pengawas sekolah juga membaca tulisan saya karena memang tidak bisa nggak mungkin data-data yang disampaikan bisa dikemas lagi Kemudian tak kirim dan dimuat.

 


       Cara lain yang dilakukan untuk mencari ide tulisan untuk orang itu obrolan. Saya ingin sekali ketika 5 bulan yang lalu itu di WA grup, berbicara tentang pengawas dan program pengawas terkait dengan masalah waktu itu standar nasional pendidikan   (SNP).di Wa ramei tentang permasalahan dan solusi. Di sampaikan pada group terima kasih atas obrolan di wa, dan tulisan itu akan ditulis kembali ke harian Radar. Malam itu dikirim  ke harian umum Radar. Hari itu juga saya kirim dan alhamdulillah itu paginya, Ketika saya membeli sekali Mungkin dibutuhkan pada saat itu tentang kaitannya dengan pengembangan sekolah dan program yang sedang digunakan oleh pemerintah. Dikirim langsung difoto kemudian di kirim ke wa group. Teman teman senang, bisa dianggap memberikan solusi-solusi begitu, susah dalam menuangkan gagasan .Cobalah temen-temen ngobrol dengan orang-orang yang bisa dianggap memberikan solusi-solusi begitu kita punya masalah kebodohan sedang dikembangkan dalam bentuk artikel akan tetapi banyak di bidangnya sehingga nanti ada pasukan-pasukan dan bisa mengembangkan tulisan kita untuk orang itu teknik-teknik pengalaman yang saya lakukan selama ini sehingga memang Pola atau model itu cukup menuntaskan apa namanya terkait dengan menulis artikel di koran.


     Teknik lain temen-temen yang bisa digunakan untuk mencari ide tulisan adalah tentang pengamatan. kita amati itu sesuatu hal yang bisa digunakan untuk bahan tulisan. Pengamatan di lakukan di sekolah seperti temen-temen di sekolah. Saya suka memperhatikan kinerja guru memperhatikan bagaimana anak-anak yang intelegensi bagus atau tinggi dan anak-anak yang intelegensinya rendah tentang pengamatan yang salah ternyata menghasilkan tulisan bagus. Contoh di desa tempat saya mengajar itu hampir 30% ibu bapaknya pergi ke luar negeri menjadi TKW tenaga kerja wanita atau jadi TKI tenaga kerja Indonesia.  Saya mengamati kok ada perbedaan anak-anak yang ditinggal oleh ibunya dengan anak yang ada ibunya.

             Kalau karakter anak yang ditinggalkan ibunya. setidaknya ada 4 yaitu  1. Kurang satun 2.malas. 3. Intelegensi rendah 4. Ingin diperhatikan. Dari pengamatan  dapat diperhatikan ketika saya cek  latar belakangnya disinyalir hampir semua itu mereka berlatar belakang kurang rasa kasih sayang dari ibunya.  Dari pengamatan yang terjadi di sekolahannya tingkat pengamatan itu menuangkan gagasan sebuah artikel kemudian saya tuliskan data-data, nama anak, siswanya yang melakukan beberapa tahun per angkatan, itu sudah teliti dan pengamatan itu dan ternyata ada kesamaan. Hal ini bisa dijadikan sebagai ide artikel. Coba amati dampak buruh, dampak PHK covid 19, bisa dampak positif negatif karena lainnya yang bisa dijadikan salah satu sumber ide tulisan.

1.      Ide tulisan terlahir dari banyak membaca. Kalau rekan-rekan banyak membaca, nambah pengetahuan informasi yang diperoleh itu akan jadikan salah satu sumber dalam membuat artikel. Semakin banyak membaca semakin dipastikan makin banyak pengetahuan nambah data informasi dan ini bisa dijadikan rujukan.

Nah dari  ini ada percepatan di dalam proses mengaktualisasikan artikel. Contohnya Bunda Tuti Wibowo itu salah satu peserta artikel pemula, di angkatan pertama. Tetapi belum adalah salah satu yang sangat cepat menyimak informasi yang diperoleh dari mentor. Kemudian beliau menuangkan Gagasan dan dalam jangka waktu yang sangat singkat, Bunda itu selesai pokoknya langsung diterbitkan dan teman-temannya merespon semua. Laris Manis. Sehingga pola-pola ini sangat mendukung sekali karena pengetahuan beliau. Ibu dijual ke luar biasa sehingga dengan cepat beliau bisa menyelesaikan. Punya semua pola-pola pengetahuan ini berdampak kepada kemampuan dalam artikel, tetapi kalau kita misalnya tidak banyak informasi yang masuk tentu akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu beliau menyarankan agar semua membaca setiap hari dengan orang lain mengamati di tempatnya dari proses mencari ide tulisan yang menarik.

 Saya menilai bahwa Bunda astuti Bowo adalah seorang peserta yang sangat cepat menyimak informasi dan akhirnya masuk ke kelompok mahir. Di kelompok mahir pun , Bunda sangat cepat sekali menuangkan apa namanya informasi-informasi yang disampaikan oleh mentor. sehingga pengetahuan terkait dengan artikel. Kemudian beliau juga sangat produktif di dalam proses penulisan artikel, hingga apa namanya dalam penulisan artikel itu percepatan yang sangat tinggi kemahiran ini. Tentu saja tidak diperoleh dengan mudah kecuali memang sering berlatih juga begitu berlatih, berlatih, dan berlatih saja.  belatih yang baik, jika didampingi oleh mentor. Hasil yang baik adalah ketika didampingi oleh seorang mentor, begitu karena memang hebat apapun kita memiliki banyak hal,  kita memiliki banyak pengetahuan tentang proses penulisan artikel. Berani mencoba mengirim ke majalahpun salah satu teknik yang tidak mau dan berani. Oleh karena itu maka dengan adanya pengetahuan tentang artikel ini  bimbingan artikel ada yang  berani mencoba mengirimkan. strategi agar bisa kita dibuat mudah-mudahan seperti peserta Bunda dia ada percepatan ada Bunda Bunda yang lain di grup ini sehingga memperoleh kecepatan dalam proses menulis artikel ini.

 

7.             Ide lain yang menjadi tulisan artikel adalah perasaan. Perasaan bisa ini kita memiliki perasaan tentang iri dengki kepada seseorang atau kita lagi marah kepada seseorang lagi kecewa kepada seseorang lagi kesel kepada seseorang.  Kecewa marah itu bisa dijadikan nantikan ketika akan terasa kecewa marah kesal pada seseorang itu, dicari rujukan keilmiahannya. Bagaimana dampak kesel marah kepada orang lain agar keragaman agama. Pengertian tuangkan dalam bentuk keduniaan kalau kecewa kepada orang kesal kepada orang, Bagaimana menurut hadis itu, Bagaimana menurut Rasul, sehingga hal ini tentu saja akan menjadikan perasaan menjadi sebuah artikel yang menarik. Bagaimana perasaan kita kalau ada orang kemudian kita tuangkan,  tetapi kaitkan dari perspektif  misalnya agama. Ternyata kalau marah orang itu tidak menyelesaikan masalah,  ini harusnya jadi ukurannya. Atau contoh para sahabat nabi bisanya hal ini seringkali bisa dijadikan sebagai sumber atau tidak  dalam menulis artikel di koran.




         Tontonan pun bisa jadi tulisan. bisa menghasilkan uang bagi rekan-rekan yang suka nonton film bisa aja coba difoto sama filmnya itu. filmnya dikomentari kirim ke koran. itu bisa bisa jadi uang itu artinya Nonton film nonton sinetron kemudian kita kupas terkait dengan sinetron dan film itu kemudian kita kirim artikel ke koran koran  hari Minggu ya untuk hiburan itu sangat dibutuhkan oleh banyak sekali redaktur rubrik film sinetron nggak ada tulisan yang masuk. Kalau temen-temen suka Coba saja penulis hal itu, dikomentari ya, diapresiasi tulisan-tulisannya terhadap tontonan film atau sinetron kemudian dikirim ke koran dan majalah tentu saja bisa foto. Nah ini bisa menjadikan satu ide dalam menulis artikel.



 Bisa diperoleh ketika kita memiliki keinginan. Jadi kalau misalnya rekan-rekan punya target punya keinginan misalnya menjadi guru berprestasi tingkat nasional, salah satu gagasan yang menarik. Bagaimana keinginan itu menjadi salah satu sumber ide untuk menemukan dalam bentuk gagasan lisan dan tulisan oleh berbagai keinginan yang muncul berbagai dari berbagai sisi dan itu bisa jadi kan kan dituangkan dalam bentuk tulisan yang menarik untuk orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot