Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 08 Agustus 2020

CARA MENGUJI IDE TULISANUNTUK ARTIKEL - HARI KE 6

 

CARA MENGUJI IDE TULISANUNTUK ARTIKEL

Kita kan berbincang terkait dengan Bagaimana cara menguji ide tulisan untuk artikel.  Pada malam kemarin sudah disampaikan bahwa kita sudah membahas terkait dengan bagaimana menggali ide tulisan untuk artikel. Kemarin rekan-rekan semua sudah disampaikan bahwa sekiranya ada 9 cara menggali ide tulisan untuk artikel. Yang pertama tentang pengalaman,kemudian ada pendapat, ada obrolan, kemudian juga ada pengamatan, selanjutnya ada pengetahuan, yang dijadikan ide tulisan kemudian perasaan, pun bisa jadi jadikan tulisan artikel dan tontonan, serta keinginan, juga bahan bacaan baik buku koran maupun majalah.

Meskipun 9 Ide ini bisa dijadikan salah satu sumber untuk tulisan artikel, namun ada teknik berikutnya yang harus dipahami oleh teman-teman semua yaitu cara menguji,  karena tidak seluruh ide tulisan kita yang menurut kita bagus dan layak muat koran itu bisa dimuat koran. Kenapa bisa begitu Kang Con ? yang pertama ketika memang kita memiliki ide gagasan terkait dengan tulisan-tulisan yang berkenAan dengan koran dan majalah,  langkah yang harus dimiliki oleh rekan-rekan semua telah menguji ide tersebut.  Kalau rekan-rekan merasa bingung teknik menguji Bagaimana ini layak untuk koran atau majalah. Maka pada kesempatan ini saya akan menyampaikan setidaknya ada 5 cara teknik mengunji pesan untuk artikel. Apakah tulisan kita memang layak dimuat ? apakah terserah kita tidak layak untuk dimuat koran. Atau tulisan kita sebenarnya hanya layak untuk majalah ilmu ini rekan-rekan semua informasi ini diperoleh. Ketika ikut mempelajari bimbingan teknis seperti rekan-rekan semua arti dari langsung teman-teman di redaksi dan para wartawan Di Bandung dahulu.  Sehingga mereka memberikan bocoran-bocoran yang bisa menambah pengetahuan yang dibentuk oleh karena itu pada kesempatan ini saya sampaikan ulang. Semoga apa yang memperoleh ilmu yang diperoleh beberapa tahun yang lalu disampaikan juga kepada teman-teman semua dan ini bisa menjadi salah satu bagian proses agar tulisan rekan-rekan bisa dimuat.

Agar tulisan kita bisa dimuat tentu saja rekan-rekan semua ada 1 hal yang harus dipahami persamaan yaitu kita harus memahami teknik syarat dan ketentuan orang disampaikannya bahwa memang mengirimkan koran itu sudah berbicara tentang industri, berbicara industri, itu berbicara uang, berbicara bisnis, berbicara tentang dagang. Jadi pada dasarnya ketika temen-temen kirim ke koran maka itu harus betul-betul selektif. Kira-kira kita Mana nih yang layak ? layak ya kalau bisa kirim ke Kompas kalau saya kirim ke Indonesia nggak Kalau tulisannya dikirim ke Pikiran Rakyat hanya atau Republika .

Cara menguji ide tulisan / artikel agar layak dimuat di Koran / majalah adalah:

1. kuncinya ya apakah ide itu aktual untuk ditulis dalam bentuk artikel?  

2. Apakah ide tersebut berguna untuk publik? 

3.Apakah kita memiliki referensi dan pengetahuan untuk lulus ide tersebut ?

Ketika kita punya kita pikirkan dulu sebentar temen-temen punya referensi nggak Kalau nggak punya referensi-referensi nya mohon maaf tadi temen-temen susah dalam pengembangan dalam prosesnya.

4. Pernahkah ide kita ini pernah di tulis orang lain?

  Nah ini juga jadi pemikiran kita bersama. ya harus dipertanyakan Apakah memang ide Kita pernah ditulis atau belum itu

5.kira-kira koran atau majalah mana yang tertarik dengan itu Ini

Pertanyaan kelima ini merupakan teknik cara menguji ide tulisan agar kita diterima di koran/ majalah.

Kenapa ya ide  saya tidak dimuat di koran?  anu tidak dimuat di koran Radar ,tidak dimuat di koran Pikiran Rakyat tidak dimuat di koran Kompas tidak dimuat di koran Media Indonesia misalnya bisa cari jawabannya teman-teman seperti tadi Mungkin temen-temen iki tidak tua kemudian juga ketika ide itu di tuangkan dalam bentuk artikel ternyata menurut reaksi belum layak untuk diterbitkan oleh redaki atau bisa jadi karena kita punya ide gagasan akan tetapi kekurangan referensi kekurangan rujukan kekurangan pendapat orang lain sehingga Tentang Kita tidak ada data tidak ada kekuatan lain yang membuat cerita bagus itu akhirnya memutuskan untuk kita semua atau bisa jadi itu cerita bagus lebih didahului oleh orang lain ini juga persoalan inti masalah juga sebenarnya

Nah kalau kita punya gagasan kita harus secepatnya dikirim ke koran. Kenapa kalau kedahuluan orang lain dan ini akan berdampak tidak dimuatnya artikel kita. Ini berdampak pada tulisan yang tidak dimuat. Kalau idenya Cuma begini karena sudah kemarin dimuat datang lagi atau mungkin saat ini tidak mengindahkan untuk pembacanya. Kenapa kita tidak muat ya ? susah dimuat itu berkali-kali tapi berkali-kali juga nggak pernah dibuat .Sebenarnya tulisan sama teman-teman atau koran bukan untuk koran bisa jadi untuk majalah bisa jadi untuk buletin bisa jadi untuk mading. Dengan teman-teman mengetahui 5 cara adalah teman-teman bisa memuji diri sendiri.


Ketika tulisan kita tidak dimuat di koran atau majalah timing tepat,  sasaran tembak salah kirim artikel artikel yang kita kirim itu luar biasa karena gagasan itu datangnya dari Allah Hidayah dari Allah dan Yakinlah bahwa gagasan itu ketika dikembangkan bisa jadi bermanfaat bagi yang membacanya buat lelucon bagus idenya bagus ya perlu diketahui hal yang mungkin. Pikiran Rakyat itu setiap harinya memperoleh naskah dikirim dari berbagai penulis. Anda juga harus siap memilah mana yang layak untuk dimuat di koran tersebut , demikian juga itu dengan harian Umum Kompas misalnya di harian umum teman-teman menurut orang rekan pertama di sana itu setiap hari yang mengirimkan tulisan untuk itu sampai 100 orang tulisan-tulisan bagaimana tulisan yang layak untuk dimuat di koran Kompas dengan visi misi yang telah ditentukanu Sudah terbayang dari kalau sehari 100 Tuliskan 100 judul Bagaimana relasi memilah dan memilih artikel yang layak sesuai dengan koran Kompas luar biasa sebuah percobaan sedikit tentang teknik memilah dan memilih sebuah artikel adalah reaksi teman-teman dalam memilah dan memilih yang layak untuk koran , ini layak atau tidak ? Itu yang pertama caranya ya nanti ada orang masuk di catat di bagian administrasi kemudian termasuk Berikut ini termasuk program selanjutnya penanggung jawab penanggung jawab 50 tulisan opini kisahnya salah satu yang dilakukan oleh redaktur adalah tulisan yang dibutuhkan oleh koran itu cuma dua. dua ya dua tulisan.  maka dari 50 judul yang masuk  ke filter taruh 20 tulisan biasanya menjadi tulisan Kiran ada mirip-mirip aktual pada minggu ini 20 Tuliskan kemudian saring lagi oleh karena itu hanya membutuhkan tulisan, misal judulnya menarik,  makanya cari nominasi semua 10 besar tulisan hanya dipilih 4, maka redaksi membaca intro, kemudian baru  menentukan 4 besarnya . Antara judul tidak nyambung maka dengan serta merta yang satu ini bisa dulu mencari judulnya apa selanjutnya klik lolos sensor, tahap berikutnya adalah cek ulang dari 4 artikel dari segi EYD, dilihat terakhir  . Jika sudah bagus baru lolos . Saya berpesan kepada rekan-rekan yang ada di grup ini jangan tergesa-gesa mengirim jadi orang kita wajib mempelajari terlebih dahulu model kebaya biasa dibuat orang tersebut minimal 1 hingga 4 Minggu karena ini penting. Ini penting ,ini penting, jangan tidak pernah dimuat sampai salah itu hal yang perlu dipahami agar kita semakin baik .jangan tergesa gesa, salah tembak, agar tulisan kita semakin baik. 


Mudah-mudahan semakin jelas kenapa tulisan tidak dimuat, padahal udah bagus-bagus tulisannya bagus tapi kalau ketemuan kan tadi 5 cara menguji harus menjadi pegangan harus menjadi bagian pegangan agar mengirim orang-orang itu punya versi,  Punya gaya , style nggak bisa ya koran,  bisa nggak bisa  gagal karena yang benar adalah kita harus ikut kita harus mengikuti model Peran kita harus mengikuti gaya-gaya strategi burger tentu berbeda gaya koran Kompas dengan gaya koran Indonesia , gaya koran harian umum Pikiran Rakyat gaya penulisan untuk republican sangat-sangat beda maka  enggak bisa ya karena tadi tidak perlu dimasak sebagai Bagaimana nih ?

Saya menyarankan kepada teman-teman semua salah satu ketika sebagai terus mula-mula hal yang tidak kirim tulisan ke koran koran lokal.  lu serius jangan berani dulu kirim ke koran nasional,  bukan-bukan nggak boleh mengirimkan koran nasional.  karena banyak pesaing kita lebih tinggi tahapan-tahapan pada saat tahapannya 1 Tunjukkan kepada koran-koran lokal di daerah tertentu. Salah satu ketika sebagai kumpulan kumpulan hal yang tidak mengirim tulisan ke koran koran lokal dulu jangan berani dulu kirim ke koran nasional nggak boleh buka nggak boleh mengirim ke koran nanti akan gagal karena cara mudah. Salah satu ketika sebagai pemula kirim tulisan ke koran lokal dulu dulu jangan berani dulu kirim ke koran nasional bukan enggak boleh bukan bukan hanya boleh mengirim ke koran nasional karena banyak pesaing pesaing kita lebih tinggi dari kita boleh boleh kirim tahapan-tahapan dalam menyampaikan pada saat temen-temen pada koran tahapannya 1, tunjukkan pada koran koran lokal di daerah tempatnya di strategi ketua yang harus dipahami oleh temen-temen ketika memang ingin mencoba kirim koran atau mengirim artikel ke koran selain tadi ya ilmunya caranya strateginya 170 kepada koran-koran lokal itu begitu wajib bagi teman-teman yang merasa pemula ya kecuali kalau temen-temen sebagai penulis langsung ke media cetak personal tapi saran saya untuk temen-temen yang memang masih belajar menulis artikel ke koran koran lokal yang ada di kabupaten kota tempat tinggal saudara kedua rekan-rekan ketika di koran lokal temen-temen dibuat nih 1 kali pindah koran lokal yang lain Saya tidak izinkan Kenapa tidak diijinkan tidak dulu ya agar tulisan kita pertemuan itu tetap 1 tahun pertama temen-temen nulis di koran itu jangan pindah-pindah dulu nggak usah nggak usah pindah Udah di sana dulu tahun pertama full kirim aja ke sana terus tapi kayaknya mau pesan atau tidak bosan ini bicara tahapan ilmu bicara tahapan kekuatan agar kita dibuat terus temen-temen semua Setelah 1 tahun muatan kita dimuat di koran lokal 1 saja kedua boleh pindah pindah ke koran lokal yang kedua saja hanya saya menjalankan kenapa seperti 1 tahun kita tetap

 [Yang harus dipahami oleh teman-teman ingin mencoba kirim koran atau mengirim artikel ke koran selain tadi ya ilmunya caranya strateginya 17 kan kepada koran-koran lokal itu wajib bagi temen-temen yang merasa ya kecuali kalau temen-temen sebagai penulis si langsung ke nasional tapi saran saya untuk temen-temen yang memang masih belajar menulis artikel ke koran koran lokal yang ada di kabupaten kota tempat tinggal saudara ketika di koran lokal temen-temen dimuat nih Jangan cuma satu kali pindah ke koran lokal yang lain Saya tidak kenapa tidak diizinkan minta dulu ya sekarang kedua agar tulisan kita semua itu tetap 1 tahun pertama temen-temenku nulis dia orangnya tuh jangan pindah-pindah mulu enggak usah enggak usah pindah dulu tahun pertama full kirim aja ke sana terus tapi kayaknya terus ini bicara tahapan ilmu bicara tahapan kekuatan agar kita di rumah terus temen-temen semua Setelah 1 tahun muatan kita dimuat di koran lokal satu saja tahun kedua boleh pindah ke koran lokal yang kedua saja. Hanya saya menjalankan Kenapa semesta tetapi kita tetap marah lain contoh sederhana di Kabupaten Cirebon itu atas satu ya Maksudnya satu koran Radar Cirebon kedua suara suara merdeka Ketika pikiran pikiran apa ya dari 3 koran lokal yang ada di Kabupaten Cirebon Oke teman-teman saya kirim ke Radar Cirebon dimuat saja Kota Cirebon dan semangat kita dalam menulis tinggi dan dimuat terus





Kepada teman-teman yang akan dikirim ke koran itu ada acuan cara memilih media agar bisa dimuat.

 yang pertama temen-temen amati dulu mau berita apa saja yang ada di situ kulihat itu halaman pertama apa kedua apa ketiga apa keempat dan seterusnya.

kemudian pada hari apa saja sebenarnya rubrik itu muncul juga harus harus teliti harus teliti

dari rubrik yang ada Apakah kita bisa mengisinya itu ketika kita mengetahui oh ternyata ada begini begini begini begini begini begini yang diperhatikan juga.

bagaimana topik apa yang disukai oleh ini memang harga agak susah bagi teman-teman yang popular tapi bagi yang sudah sangat mudah Salah satu teknik untuk mengetahui apa yang dibutuhkan rezeki Allah yang bersangkutan banyak gaul banyak gaun secara perorangan banyak komunitas .

sisi lain ada ketentuan-ketentuan yang yang sudah aturdari redaktur, contoh hanya boleh mengirimkan untuk cerpen misalnya 1500 misalnya 1500 kata nggak boleh nggak boleh lebih ikuti Panjang pendeknya atau buruk Walaupun nggak terlalu urgent tapi ya dengan memperhatikan apa yang diperoleh apa yang diminta oleh redaktur dan kita membelinya itulah Salah satu syarat kita akan lolos sesuai dengan harapan begitu seterusnya.


Salah satu agar artikel kita dimuat setiap hari setiap media berbeda tujuan dan kepentingan perbedaan pasar berbagai iklan sering kalian pahami harus dibaca Dengan memahami konsep , harapan terakhir kita selalu kita nikmati keluarannya kita tidur Oke saya santai aja yang pertama kali numpang itu visi misinya tentang demokrasi keterbukaan ini kalau temen-temen mau kirim ke Kompas . Lain pokoknya tentang demokratisasi dan keterbukaan dari tema-tema itu insya Allah akan tembus Jadi kalau temen-temen mungkin itu ke Kompas yang sekitar Tugas pokoknya tentang Keterbukaan jadi tema-tema itu akan Tembus di koran Kompas lain yang sudah lama sama teman ya harus berbau penegakan hukum kalau ini sudah Raya Tentukan ilmuwan sedangkan Pikiran Rakyat Kirim ya Kirim yang terakhir ya itu sesuatu yang untuk di Sumbangkan kepada teman-teman semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot