Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 13 Juli 2020

MAU SENENG, JENANG, APA JENENG BERSAMA NARSUM DRS.JUMANTO,M.Pd.RESUME HARI KE 19

BERBAGI PENGALAMAN DARI NARSUM DRS.JUMANTO,M.Pd.

 

SARWIYANI- PATI-GELOMBANG 12

Malam ini Sening, 13 Juli 2020 kegiatan belajar Menulis bersama Omjay dengan narasumber hebat Bapak Drs.Jumanto,M.Pd dengan tema materi Pengalaman Menerbitkan Buku. Malam ini dimoderatori oleh beliau ibu hebat kita, Ibu Kanjeng. Beliau sudah tidak asing lagi bagi kami semua, seorang panutan sekaligus juga sebagai motivator dalam kelompok belajar menulis ini.


Malam ini diawali ucapan salam dari narasumber dengan sapaanya kepada segenap orang-orang penting dalam Belajar Menulis gelombang 12 . malam ini berbagi pengalaman Bapak Jumanto.

PROSES KREATIF MENULIS

Proses kreatif menulis yang mengawali. proses kreatif menulis identik dengan pergerakan hidup beliau. 
Saya mengawali rutinitas menulis dari menulis puisi. Menulis puisi itu mudah. Setiap ada ide maka aku tulis.
        Selingan dari menulis puisi kadang menulis cerita pendek.
Tahun 2004 saya mulai ditantang oleh Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, guru saya bagai orang tua saya untuk menulis Buku Ajar.Prof Sarwiji memberikan tantangan karena saya selaku guru meneliti buku-buku pelajaran yang dipakai di sekolah.
Dengan bimbingan beliau, saya dapat menyelesaikan 3 buku ajar untuk SMP dan 5 buku ajar untuk SMA.
        Satu bulan pertama hanya menyelesaikan 1 buku ajar untuk kelas VII SMP/Mts. Buku ajar untuk  kelas VIII dapat saya selesaikan 2 minggu. Selanjutnya saya dapat menyusun naskah buku untuk kelas IX dan untuk SMA rata-rata dalam waktu 2 minggu.
Buku-buku tersebut dinilaikan ke Pusat Perbukuan. Proses selanjutnya saya harus belajar mengedit berdasarkan catatan-catatan dari tim penilai.
Pendapatan saya jauh dari pendapatan seorang guru PNS. Selain dari hasil jual naskah buku, juga mendapat dari editor.
        Setelah proses penilaian buku selesai dan buku sudah mendapatkan SK penetapan, maka buku siap diterbitkan.  Tantangan baru datang dari Bapak Direktur Penerbit SIC. Kata beliau, saya cocok menjadi marketing. Bisakah saya menjalani sambil saya menjalankan tugas sebagai guru PNS?
        Pemerintah meluncurkan istilah BSE. Buku-buku ajar yang ditulis oleh penulis buku secara indi maupun lewat penerbit dan lulus penilaian dibeli oleh pemerintah.
Buku tersebut diberi HET. Pihak ketiga boleh mencetak buku tersebut dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah. Di masa buku BSE tersebut, saya mendirikan penerbit untuk mengajukan izin mencetak  BSE. 
        Pengalaman saya dari penulis, editor, marketing, manager. Keempat aktivitas ini saya lakukan sampai sekarang. Di PGRI Jateng mendapat tugas sebagai Ketua Badan Penerbitan PGRI Jateng dengan Penerbit PGRI Jateng Press.PGRI Jateng Press siap membantu menerbitkan buku Bapak Ibu penulis pemula.

POWER POINT MENULISLAH DENGAN MENULIS

Menulislah dengan menulis mendapat kenikmatan. Menulislah, langsung menulis, tidak perlu dipikir terlalu dalam.menulislah menulis itu mudah. jangan dipikir terlalu dalam. kreatif menulis seseorang akan dipengaruhi oleh motif. dalam bahasa jawa ada cari jenang, cari seneng, cari jeneng, 
untuk penulis pemula adalah  seneng. karena seneng adalah tingkatan terakhir yang tertinggi. karena motif seneng dipengaruhi oleh religi.  
saudara saudara penulis yang hebat setelah 
menulis ke arah tertentu, menulis untuk tujuan tertentu
pembaca TK, SD atau untuk umum. tulisan -tulisan yang baik akan mengikuti alur oleh pembacanya.

Mari kita ikuti undang-undang tetntang perbukuan tersebut.

saudara-saudara penulis hebat, insya allah hari Rabu mendapat penguatan dari Pak Anwar dan terakhir 
dan hari Jumat juga mendapat penguatan yang luar biasa dari narasumber hebat lainnya.agar Bapak Ibu semangat menulis dan menulis.

Malam ini cara menuliskan buku nonpelajaran. menulis itu mudah, inspriasi ada di mana-mana.
apabila ada ide di saat saat tertentu, disaat sibuk , inspirasi akan muncul sewaktu-waktu . akan mudah menangkap inspirasi itu, kemudian tulislah pokok-pokoknya yang ditulis dalam underline. 

Bapak ibu penulis hebat, tentu nanti setelah memahami syarat tertentu untuk menulis. Ide yang Bapak Ibu miliki ditulis ditulis dan ditulis, diakhir nanti harus disesuaikan dengan calon pembacanya.
Bapak ibu penulis hebat, semoga dengan membaca rincian -rincian tadi, mampu menulis. 
Saudara bisa menulis dengan lancar. jangan lupa, jika mendapat kendala, jangan lupa membuat outline
apabila akan menulis buatlah outline dengan outline akan menuntun kita yang membuat otak kita dalam menulis menjadi lancar. 

Diakhir pertemuan ini, akan menyampaikan gagasan yang sering disampaikan oleh Omjay.Akankah dengan menulis akan kaya, istilah motif jenang. ataukah motif menulis untuk mendapatkan jeneng, akan menjadi senang, ataukah menulis akan mendapatkan jenang ataukah menulis untuk mendapatkan Jeneng atau karier. sehingga nama kita akan selalu dikenang. 

Paparan di powerpoint sengaja tidak dipaparkan dengan detail, saudara-saudara sudah sering mendengar , kalau kurang jelas bisa didiskusikan bersama, atau bisa disharingkan dengan pak Anwar atau Pak Faizal narasumber pada  hari Jumat. Beliau orang-orang yang luar biasa.  Agar Bapak Ibu tetap semangat menulis dan menulis.
    
Saudara-saudara penulis hebat yang saya hormati. Terima kasih atas perhatian Saudara. Mohon maaf atas kesalahan saya. Ada kurang jelasnya suara saya. Ada kurang dimerngerti tulisan saya.
Saya sengaja menyampaikan dalam bentuk tulisan, suara, dan paparan.
Inilah menariknya belajar bersama dengan WA. 
Terima kasih

SESI TANYA JAWAB DENGAN PESERTA

1. Slmt malam ibi Sri, Ibu Kanjeng moderator mntapp, nama I Nengah Suradnya Tempat Tugas di SMPN 1 Banjarangkan  Klungkung Bali, Bapak narsum mohon share pengalaman bapak suka duka mengemban 4 tugas mulia, sebagai penulis, editor, marketing dan manager?

Terima kasih Bapak I Nengah Suradnya atas pertanyaan Bapak.
Banyak sukanya BapaK. Saya sampaikan sukanya dulu
1. Dari menulis Buku saya mendapatkan pendapatan pasif yang jumlahnya lebih besar dari Gaji Guru PNS selama masa kerja 30 tahun.
2. Saya mendapatkan reputasi dan karir. Saya masa kerja guru PNS 8 tahun sudah diangkat menjadi pengawas
3. Saya dengan menulis hati selalu riang yang dapat menginspirasi ketiga anak saya untuk semangat berprestasi
Untuk dukanya
1. Kadang ada beban jika meninggalkan tugas mengajar di saat harus menghadiri undangan pelatihan
2. Jarak tempuh tempat tinggal dengan kantor penerbit jauh sehingga hanya tidur rata rata sehari 3 jam.

2..Ass.Wr. Wb. Senang rasanya dipanggil Ustadzah Aam Nurhasanah sama Bapak Drs.Jumanto M.Pd 
Materi malam ini sangat luarr biasa sekali. Izin bertanya pak, saya ingin sekali menerbitkan buku tentang Omjay, tapi sampai sekarang bukunya belum jadi. Saya kebingungan dalam mengembangkan bahan tulisan. Karena baru nulis satu halaman, ide tersebut suka mentok. Bagaimana membuat ide itu meluas pak??? mohon masukannya. Terimakasih.

Jawaban pertanyaan ke 2
Terima kasih Bu Ustadah Aam Nur
Luar biasa niat Ibu menulis tentang Om Jay
Agar materi tulisan bisa berkembang  Ibu harus banyak observasi dunianya Om Jay atau banyak membaca tulisan tulisan Om Jay. 
Outline jangan lupa dijadikan pijakan dalam menulis.


3.Husnul Hafifah (Bondowoso) 
Assalamualaikum wr wb, ijin bertanya:
Tadi disebutkan Penerbit PGRI siap membantu menerbitkan buku  kami(peserta menulis pemula) jenis buku yg bs diterbitakan di penerbit PGRI apa saja?
Bagaimana persyaratan bisa menerbitkan d PGRI, bagaimana rincian pembiayaannya.
Terimakasih.
terima kasih Bu Husnul
penulis bisa menerbitkan kepada penerbit PGRI Jateng kirim ke emailnya. penerbit membantu cavernya, desainnya, ibu bisa menerbitkan sendiri atau ke penerbit PGRI Jateng.

4. Assalamualaikum wr wb...Perkenalkan nama Sunaryo, dri SMPIT Madani Berau, Gelb.11
Terimakasih atas sharing pengalaman PakJumanto
Perkenankan sy utk bertanya:
1.Bg penulis pemula, kdg2 utk menentukan outline dri sebuah gagasan/ide itu tdk mudah. Adakah trik2/tips spy kita mudah utk menentukan outline ya ?
2.Bgi penulis pemula, bgmn tips nya spy hsil tulisan (misal.naskah buku) kita mudah utk bs diterbitkan ?Terimakasih

Terima kasih Pak Sunaryo
Outline perlu diadakan. dengan ine tidak keluar dari tema, tulisan tidak 
bagi penulis pemula, buku apa saja bisa diterbitkan, nanti akan dibantu caver, edit dan dalam penerbitannya. silakan kirim karyanya ke penerbit PGRI Jateng. terima kasih 

5. Assalamualaikum.Ijin bertanya..saya Ni Ketut Suastiwi, Guru TK Negeri Desa'Tusan Kecamatan Banjarangkan Klungkung Bali. 
Dalam penulisan Buku untuk anak usia 3-6 tahun .pada Power poin di kolom Bahasa disebutkan" Pengenalan kata menggunakan pola repetitif dalam kalimat".
Apa yg dimaksud pola Repetitif.Terima kasih
 masih bay

ak buku-bukuuntuk anak TK yang dibutuhkan dari penerbit. bahasa repetitif adalah bahasa yang diualang ulang. misal kata merah, jambu merah, baju merah, atau kata Ibu. ibu pergi ke pasar, Ibu menulis surat, dll. semoga ibu terinspirasi untuk menulis. buku TK harus banyak gambarnya.

6. Izin bertanya Bunda, Ai Sumartini Dewi , SMPN 1 Cibogo. 
Apakah kalau menulis buku pelajaran idenya pernah mentok? Dan bagaimana cara bapak mengatasinya? Terima kasih

Menulis buku pelajaran sebenarnya lebih mudah, karena mengacu pada KD KD di kurikulum, apalagi sudah membuat silabus dan RPP. apalagi buku di SMP, KD KI harus dijabarkan dalam pembuatan buku, sehingga harus ada penugasan dan evaluasi sesuai kondisi di sekolah yang dibutuhkan.
semoga ibu bisa menulis buku untuk SMPdan dapat dinilaikan.

7. Mau bertanya ya Bu Kanjeng 
 Pak Jumanto,  izin bertanya  saya bu sri kalau menurut Bpk. Jumanto, bagaimana  menilai karya tulisan kita itu layak atau tidaknya diterbitkan?
Yang kedua,  bagaimana caranya menjadi penulis yang berhasil seperti Bpk dan para narsum hebat disini. Terima kasih

Ibu Kanjeng, tulisan yang layak, yang pertama sesuai dengan pembacanya. yang sudah dishare, lihatlah sesuai umur yang disasar. penerbit jika buku nonteks pelajaran, penerbit akan mengedit gambar yang kurang pas. 

menulis yang berhasil, menulis terus saja, tulislah yang disekitar ibu dulu. banyaklah menulis yang diawali dari sekitar kita. ditunggu karyanya Ibu. Terima kasih.

8. Selamat malam Pak Jumanto  Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Apakah dalam menulis cerpen atau sejenisnya harus menggunakan kerangka tulisan, Pak? Bagaimana mengawali untuk membuat paragraf awal cerpen ?
Terima kasih

Terima kasih bu Aning
Menulis diawali dengan menulis outline. 
kata kuncinya adalah di paragraf awal. pengalaman dari juri lomba cerpen di jateng. Penentuan akhir menggigitnya paragraf awalnya. buatlah paragraf awal yang menggigit. ungkapan di paragraf awal harus bisa membuat membuat orang untuk tertarik untuk membaca untuk melanjutkan paragraf selanjutnya. Ungkapan paragraf pertama, dapat dilihat menggigit tidaknya cerpen. kalau SMP bisa 5 judul dengan masing-masing 5-6 halaman saja. Pengalaman dari hasil karya berjudul AMIN yang booming di kampus beliau.  Selamat berkarya Ibu semoga bisa diterbitkan di PGRI Pers. Terima kasih 

9.perkenalkan saya syarifah ruqayah dr banda aceh..
utk narasumber yg hebat sy mau bertanya..jika kami punya naskah apakah penerbit pgri jateng bisa membntu kami menerbitkan buku dan apakah bukunya ber isbn? 
buku jenis apakah yg bisa diterbitkan oleh penerbit pgri jateng? 
mhn maaf banyak pertanyaannya. tks sebelumnya bapak 🙏

Terima kasih Ibu Syarifah
Karya ibu pasti sudah banyak. kami siap membantu, Penerbit PGRI itu orientasi membantu para guru untuk menerbitkan karyanya. utamanya membantu ISBNnya. nanti jika sudah diedit, bisa dicetak dimana saja, tapi PGRI minta 5 buku, selebihnya diserahkan pada penulisnya. jika menerbitkan di percetakan luar, hak terbit tetap dari PGRI Pers. jika ingin menerbitkan karya silakan japri saya. nanti akan saya bantu. Selamat berkarya Ibu. terima kasih. 

10 Assalamu'alaikum bapak Jumanto, saya bahrudin orang rembang, maaf baru gabung mau nanya
1. bagaimana cara mengawali tulisan? 
2. buku apa saja yg nisa diterbitlam oleh PGRI jateng? terima kasih

Waalaikum salam.
Terima kasih Bapak Bahrudin. Semoga Bapak Sehat wal afiat.
Semoga Bapak tetap semangat berkarya dan.membantu teman teman guru untuk menulis.
1. Mengawali tulisan tergantung jenis tulisan yang akan kita susun. Misal akan menulis buku pengayaan Mapel IPA untuk anak SD kelas V. Bapak harus memilih KD mana yang akan dikembangkan materinya. Misal materi tentang listrik maka Bapak buat outline buku yang berisi pengayaan materi Listrik.
2. Buku apa saja bisa  Pak . Saran saya lebih baik buku non teks pelajaran atau buku pengayaan. Pengayaan bisa masalah pembelajaran. Pengetahuan. Kepribadian. Keterampilan. Buku pengayaan banyak peluangnya untuk dipasarkan.
Saya tunggu karya bukunya Bapak. Semoga lancar sampai IVe

11.Apakah Bapak masih suka menulis puisi? Apa yg menyebabkan bapak suka puisi?
Alhamdulillah. Menulis puisi bisa dilakukan dimana saja dalam suasana apa saja. Walaupun waktunya sempit.
Ibu Sri menjawab :  Betul sekali. Saya belajar menulis puisi malah terlambat

12. Pak Wijaya .Apakah PGRI jateng juga menerbitkan buku digital ber isbn?
Belum Bapak. Ini baru dikaji. Semoga segera dapat terlaksana.

SIMPULAN MATERI 
Banyak ilmu dan kiat tentang dunia kepenulisan bisa kita cerna malam ini.
Selanjutnya semoga menjadi penulis yang hebat. semoga semangat dalam menulis, selanjutnya saya tunggu karya di Penerbit PGRI Jateng. 

Menulis Itu Mudah

1.      Menulislah menulis dan menulis

2.      Tulislah tema-tema yang ada di sekeliling kita.

3.      Jagalah motivasi kita dalam menulis agar kita tetap bersemangat menulis.

4.      Sebagai Guru banyak ide yang dapat ditulis menjadi buku. Setiap KD dapat dikembangkan menjadi 1 buku pengayaan.

5.      Buatlah outline agar tulisan terarah dan konseptual,  tulisan memiliki hubungan timbal balik yang disajikan dengan baik. Outline memudahkan penulis menciptakan klimak yang berbeda-beda. Dengan outline akan menghindari penggarapan topik lebih dari dua kali atau lebih dan outline memudahkan penulis mencari materi pembantu.

6.      Di saat menulis hindari niat untuk mengoreksi atau mengedit. Tulis terus ide yang sedang membara.

7.      Buku yang kita tulis sesuaikan dengan masa perkembangan bahasa calon pembaca buku kita. Sesuaikan dengan jenjang buku sesuai UU no 3 tahun 2017 tentang Perbukuan.

8.      Di masa sekarang banyak materi yang dapat kita kembangnya menjadi buku pengayaan terutama untuk membantu anak dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh.

9.      Kendala kita dalam menulis adalah Malas. Kita memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis tetapi kita malas menulis.

10.  Untuk menjadi penulis bukan ditentukan bakat. Menjadi penulis karena kemauan kita untuk menulis menulis dan menulis akhirnya terampil menulis

 

 

 



35 komentar:

  1. mantul bu aning..udah jadi aja...

    BalasHapus
  2. Senangnya sdh plong resume langsung terbit

    BalasHapus
  3. Membuat resume super cepat. Luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Pak... semangat karena narsumnya emang hebat

      Hapus
  4. Mantap bu..saya baru ngetik resumenya hehe

    BalasHapus
  5. Luar biasa...kepekaan menulis resume mjd modal dasar utk menerbitkan buku semoga segera terwujud dan jangan lupa share ilmunya utk peserta yg lain

    BalasHapus
  6. Luar biasa...kepekaan menulis resume mjd modal dasar utk menerbitkan buku semoga segera terwujud dan jangan lupa share ilmunya utk peserta yg lain

    BalasHapus
  7. Mantap, selalu terdepan langsung joss

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Insya allah Omjay... tunggu waktu yqng passs alias tepat

      Hapus
  9. Mantap Bunda.. Ayo kita menulis.. Yuk jln2 jg k rumahku

    BalasHapus
  10. Resume yang lengkap.. Mantapzzz...

    BalasHapus
  11. wow lengkap bangettt....mantul

    BalasHapus

Post Top Ad

Your Ad Spot