Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 10 Agustus 2020

KIAT PRAKTIS MENULIS INTRO ARTIKEL Hari Ke 7-Artikel


KIAT PRAKTIS MENULIS INTRO ARTIKEL 

AGAR MENARIK


 

Kita kan berbincang terkait dengan bagaimana kiat Menulis artikel. Khususnya intro agar lebih menarik dan bisa dimuat di koran dan majalah.  Baik kita akan bahas terkait dengan teknik-teknik cara menulisintro artikel.  

Penulisan intro sangat penting dalam artikel. Artikel layak di baca dibaca atau tidak sangat tergantung pada kalimat pertama atau paragraf pertama yang rekan rekan jurnalis menamakan intro. Jika intro dan judul sudah menarik, maka akan menarik bagi redaktur.

 Intro itu seperti seperti etalase toko jika etalase nya bagus, tampilannya bagus, judul artikel bagus, sudah menarik selanjutnya redaksi akan segera membaca tulisan kita.  Nah jika itu yang menarik akan melanjutkan membaca itu, Tetapi bila tidak menarik maka redaktur akan pindah tulisan-tulisan lain yang menarik tentunya.

Ada 7 cara dalam menulis intro artikel agar menarik

1.      tonjolkan  yang  paling menarik dari tulisan kita

2.      hidari topik yang umum

3.      tekankan perkembangan terakhir

4.      jangan melebih lebihkan keadaan

5.      gunakan kesimpulan tulisan bila perlu

6.      tampilkan kontras ( tulisan kita harus berbeda dengan yang lain

7.      intro yang bagus bahasanya lugas

Tujuh cara menulis intro yang bagus.

Pertama  adalah tonjolkan yang paling menarik artinya begini teman-teman akan membuat tulisan hal yang dijadikan indikator atu hanya dua pertama adalah judul-judulnya bagus sudah disampaikan oleh saya itu antara 3 sampai 5 yang judulnya tapi kalau agak susah munculnya boleh sampai 7 kata.

Kita kan berbincang akan membahas tentang sekarang ya Agustus 17 Agustus apa yang menarik Apa yang perlu kita penjual kan kalau kita cerita tentang bagaimana sejarah Agustus kita lagi menarik orang sudah tahu sudah tahu sudah tahu pembaca sudah tahu sudah lagi menarik sesuatu yang berbeda antara 17 Agustus dengan 17 Agustus tahun lalu. Dimana letak menariknya ? kita harus bisa memberikan suatu gambaran kepada pembaca bahwa 17 Agustus tahun ini ini berbeda perbedaannya apa misalnya satu tradisi upacara bendera cerita yang kedua bagaimana rekan rekan mengamati dari sisi lain biasanya tidak ada upacara bendera di alun-alun secara umum seperti biasa Bagaimana teknik dan gaya upacara bendera di tahun ini .

Nah intro yang memang beda Lah beda dengan umum bisa dijadikan salah satu teknik untuk menarik perhatian pembaca ketika kita punya ide gagasan ingin menuliskan tentang kebiasaan Agustus tolong temen-temen itunya berjalan yang biasa yang pertama rekan-rekan.

Kalau rekan-rekan menulis judulnya bisanya begini 17 Agustus di masa itu kan biasa ya Enggak aneh itu dan apa yang dilakukannya biasa-biasa saja coba cari dari perspektif yang berbeda dengan pemikiran-pemikiran para penulis lain hal ini yang menjadi kesulitan dengan yang baru Menulis artikel pemula. Kenapa begitu karena Salah satunya mereka tidak punya referensi atau sumber-sumber lain yang bisa diberikan kepada pembaca. ketika misalnya strategi 17 Agustus versus kisah pandemi atau di tengah ancaman pandemi atau Upacara 17 Agustus di tengah ancaman Kenapa diancam ? itu kenapa terancam?  sudah menarik dari jenis aja nanti di dalam fitur awal rekan-rekan bisa memberikan gambaran kira-kira apa yang mengancam kita dilaksanakannya upacara bendera yaitu salah satunya adalah tentang apa namanya tentang Covid .

Intro biasanya satu sampai tiga paragraf kalau cerita hitungan 1 sampai 3 itu maksimal ya itu tentang 5W 1H tetapi itu sama satu paragraf sampai tiga paragraf itu menggambarkan tentang kaitannya Apa yang akan terjadi

Bagaimana kira-kira yang akan terjadi di dalam proses upacara bendera dengan kondisi baterai ketika kita

 

 

2. hindari topik yang umum

Misal dewan membahas pajak semalaman ya itunya itu bisanya lagi lewat menyatakan pajak masukan pajak penghasilan menurunkan masa kecil lebih lebar seperti itu itu adalah bagian dari proses pendahuluan dari sebuah artikel

3. kemudian yang ketiga tekan kan perkembangan terakhir.

Ikuti perkembangan minggu ini,  minggu terakhir ini apa sih yang sedang dibicarakan oleh publik karena memang ada beberapa tema-tema yang sedang diperbincangkan oleh setiap minggunya.  Tiga hari terakhir kita membuat hal-hal yang sedang diperbincangkan terakhir.  Maka kalau temen-temen tidak pernah menyimak atau menonton televisi, tidak pernah membaca koran, tidak pernah mencari ide gagasan di Google bisa aja terkait dengan apa yang sedang diperbincangkan pada minggu ini,  tentu akan ketinggalan karena ketegasan Apakah ini persoalan banyak temen-temennya pemula yang agak susah.

Oleh Karena itu harus memperhatikan hal hal yang sedang rame, semua di dalam proses penulisan intro itu kita harus tahu yang lagi rame. nih Apa arti minggu ini ia bisa saja temen-temen bisa nonton TV di TV yang menayangkan debat debat itu biasanya untuk memudahkan saja kalau dari rasa Susah kan kalau untuk langganan koran jauh kemudian juga untuk membacanya juga kadang-kadang nggak ada waktu Bagaimana teknik untuk mencari ide terkait dengan itu khususnya saja jadi teman-teman harus tahu yang pertama Ya dari televisi apa yang sedang trend di televisi tiba. Yang kedua adalah teman-teman tahu bahwa di bulan Agustus ada hari nasional yang yang apa ya yang biasa dijadikan salah satu tulisan oleh para pembacanya.

Kedua komponen ini merupakan teknik agar kita memiliki ide dan gagasan untuk bulan Agustus ini penting karena banyak teman-temannya berapa tanggal 10 hari apa ya?  bisa jadi dia butuh banyak sekali hari-hari besar nasional yang diperingati oleh pemerintah baik nasional maupun internasional. Oleh karena itu hal ini dapat teman sangat sangat penting untuk cepat itu kira-kira apa yang sedang trend yang kedua adalah kira-kira yang menjadi perbicangan di bulan Agustus apa saja? ada Hari Pramuka bisa bicara tentang pramuka berpikir tentang bagaimana kondisi Pramuka dalam konsep bicaralah tentang pramuka dan dampaknya Mungkin saja dia biasa di bulan Agustus

Ada apa kegiatan yang dilaksanakan di berbagai sekolah Mungkin saja bisa dilakukan lalu Bagaimana solusi di dalam proses sadar akan tetap memiliki karakter yang cinta Pramuka .

4.Jangan melebih lebihkan keadaan.

Misal Indonesia banyak pasien apa namanya yang terkena covid 19 dilebih-lebihkan tanpa data yang kita peroleh jadi ke temen-temen kalau mau bicara. Bagaimana dampak apa namanya penderita covid 19 kemudian hari ini sah-sah saja rekan-rekan semua itu mencari data petugas covid 19 untuk mengetahui Berapa jumlah apa namanya penderita atau kurban korban-korban dari komite jalanin aja dulu karena kalau di provinsi kemudian kita melihat kabupaten kota di mana kita tempat tinggal ini sangat menarik karena dengan begitu kita tidak melebih-lebihkan apa seolah-olah covid menakutkan dengan jumlah data yang diperoleh.

Hal hal seperti inilah yang menyebabkan kita menjadi lemah Dan akhirnya tidak disukai oleh dektur.

5. Gunakan kesimpulan tulisan.  Jadi begini ketika sedang zona kuning zona hijau menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh tatap muka. ketika kita mendapat informasi bahwa sesungguhnya pemerintah itu menguraikan sekarang ini dengan revisi menteri SKB 4 menteri ini selanjutnya ada perubahan 1 zona kuning dan zona hijau boleh tatap muka. Ketika kita memperoleh itu kita simpulkan bahwa kita itu dengan apa yang disampaikan oleh 4 menteri ini nah kesimpulan ini di awal sebagai salah satu teknik agar bisa dimuat dari termasuk jenis yang apa namanya menggunakan kesimpulan salah satu intro.

6.Intro yang bagus menampilkan kontras.  ketika misalnya berbicara pandemi atau situasi BDR,  kebijakan tentang kuning dan hijau itu diperbolehkan untuk buka sekolah,  kemudian yang menampilkan kontraksi ketika kita berbincang tentang bagaimana kalau BDR ini dikaitkan dengan kondisi riil.  Menurut data yang diperoleh itu menunjukkan tingkat tinggi ketika kita tahu bahwa memang Kondisinya masih tingkat tinggi.  Maka dipastikan akan kita membuat intro yang baru bagaimana yang bisa menarik perhatian pembaca.  Biasanya kalimat begini apakah sekolah layak dibuka sementara ke data-covid  terkait dari petugas gugus covid 19 menunjukkan data sebagai berikut. Saya menilai bahwa data ini menunjukkan bahwa kita tidak boleh dulu membuka semua secara terbuka. Bukan menunjukkan seolah-olah kita menyimpulkan apa yang sedang trend dan itu bisa dijadikan satu intro

7. Dalam membuat intro yang bagus bahasanya harus lugas. Lugas itu harus to the point artinya kita tidak boleh bertele-tele atau langsung pada pokok bahasan. Kita kalau mau bercerita sesuatu kadang-kadang muter muter dahulu baru pada pokok bahasan.

Selanjutnya kalau memang intro itu sudah bagus, judul sudah bagus ini dipastikan pasti dimuat temen-temen jangan melupakan nanti dalam proses pembahasan itu kaitkan dengan apa yang menjadi judul yang kita taruh di awal paragraf atau awal artikel kita.

Berikutnya Saya akan mencoba menyampaikan cara mengirim tulisan artikel ke koran dan majalah agar bisa ini acaranya juga jadi kalau temen-temen mau kirim artikel ke majalah tentu tidak sembarangan asal kirim ini ada teknik-teknik atau cara-cara yang bisa di implementasikan setelah pelatihan ini rekan-rekan di seluruh Indonesia

 1. Tema sedang hangat dibicarakan publik

tulisan artikel kita di muat maka yang harus diperhatikan adalah 1 tema sedang hangat diperbincangkan publik jadi artinya kalau memang tema-tema yang kita tulis kaitan yang sedang tren di masyarakat dipastikan akan dibuat Yakinlah. Oleh karena itu latihan latihan latihan terus latihan. Membaca karya karya orang lain dalam artikel itu wajib, kita jangan sampai teman-teman enggak pernah membaca artikel karya orang lain.

2.Judul harus membuat penasaran pembaca. Belum seluruhnya judul judul dari teman sudah benar, namun sudah ada yang benar.nanti akan diberi pembelajaran tentang judul, intro, dan nanti juga teman-teman akan dibimbing teknik.

3. Perhatikan intro awal  adalah kuncinya agar yang dikerjakan bersama sama bisa berhasil. Bahwa barangsiapa yang memperhatikan orang lain kita pun akan diberhentikan orang lain karena hakikat doa  misalnya termasuk juga kembali kepada pendoa Nya demikian juga dalam hal judul sehingga diharapkan kita lebih bisa memahami termasuk juga memperhatikan di awal artikel ya itu ada sesuatu kuncinya agar apa yang dikerjakan sama-sama terlaksana dengan baik  

4. Tema harus menyangkut kepentingan sebagian besar pembaca. Dan Ini masalahnya ketika kita ingin jadi murah tetapi kita tidak pernah mengindahkan siapa paling baik saat membacanya .Nah itu butuh perhatian dan Litbang siap mengecek tentang kondisi ini.

5. Gagasan artikel harus unik. Di sini harus beda dengan guru-guru lain ya Jadi kalau 17 Agustus kita kan berbincang sebaiknya kita dipikirkan, mau bicara apa nih ya bulan Agustus dalam masa pandemi atau lainnya demikian informasi atau materi kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot