PANDUAN MENULIS ARTIKEL
Pola bintek dan kedua tentang pengertian bintek itu sendiri.Baik dari tujuan dari kursus atau bimbingan ketik pesan ini yang Pertama para peserta dapat mengidentifikasi dan memahami cara menulis artikel,kedua rekan-rekan itu dapat menulis artikel untuk koran dan majalah.Selain mengidentifikasi, jenis artikel , essay, atau jurnal.
Yang lebih penting lagi ya Jadi temen-temen bisa mengidentifikasi ini jenis artikel ini jenis opini ini jadi kan juga rencana ini jenis ini Jadi begitu harapannya tentu rekan-rekan nanti juga bisa menulis artikel yang dimuat di koran dan majalah kemudian nanti. Setelah 10 hari kita berbincang menanyakan kita mencoba menulis artikel.
Artikel ini ini bisa dikumpulkan dan dibukukan atau buku bersama dan bisa di di blog. Selain itu juga boleh diterbitkan dalam bentuk antologi atau solo dalam bentuk karya sendiri.
CARA PEMBAHASAN
Semua nanti belajar ini dilaksanakan melalui wa grup, ada pembahasan selama 10 hari ke depan kemudian juga pelatihan informasi ini tidak melalui zoom menjadi yang lain kemudian nanti kita akan belajar selama 1 jam yang dipandu oleh ibu moderator kebetulan hari ini sedang ada halangan, jadi tidak bisa hadir kepada rekan-rekan semua adanya cairan dia telah mencoba menyampaikan materi selama 15 jam 30 menit Nanti ditanya melaksanakan kegiatan tanya-jawab. Nah ada materi yang diperagakan melalui wa, Ibu moderator selanjutnya ada tanya jawab dengan cara ketik nama provinsi dan pertanyaan.
Ada 3 jenis peserta dalam group ini. Yaitu jenis pemula yang
belum pernah mengirim artikel ke koran. Ada penulis mahir, sudah pernah di
muat,kemudian mandeg. Dan juga ada peminat partikel yaitu peserta yang beberapa
kali pernah ngirim ke artikel an kemudian ingin menambah pengetahuan informasi
lanjutan dengan jadi ada 3 Perseta ada
di grup ini
Bintek ini memiliki 5
rencana tindak lanjut tindak lanjutnya yang
1.
pertama para peserta mampu artikel yang layak
untuk koran dan majalah.
2.
Mampu mempubilkasikan artikel dalam bentuk
antologi atau buku bersama
3.
Menuliskan artikel ke blog sendiri untuk setiap
malam
4.
Harapan kedepan menulis buku sendiri.
5.
Rekan rekan memahami dalam menulisartikel di
koran atau majalah.
Dari 5 Apa namanya kalau kita bertahap ya Jadi nanti setelah
beres pelatihan temen-temen diharapkan bisa mengirim artikel ke koran dan
majalah adanya kepentingan Oleh karena itu menulis buku ini termasuk
keterampilan untuk level apa namanya keterampilan berbahasa.
1. Level 1 menulis buku antologi. Buku ditulis oleh 5-30 penulis bahkan lebih (menulis buku keroyokan)
2. Level 2 menulis buku karya bersama. Buku ditulis oleh 4 penulis.
3. Level 3 menulis buku karya bersama. Buku ditulis oleh 3 penulis.
4. Level 4 menulis buku karya bersama. Buku ditulis oleh 2 penulis.
5. Level 5 menulis buku karya sendiri. Buku ditulis oleh diri sendiri. Ini level tertinggi menulis buku.
Level menulis buku menunjukkan tingkat kesukaran dan kesabaran dalam menulis
Mengenal jenis tulisan di media
cetak
1. Berita
2. Feature
3. Artikel populer
4. Kolom
5. Tajuk rencana
6. Wawancara
7. Opini
8. Essay
9. Cerpen / cerbung
10. Puisi/sajak
Artikel (karangan ilmiah populer)
Artikel adalah karya jurnalistik berupa
tulisan yang berisi pendapat (opini), gagasan
(ide), pemikiran, serta fakta.
Artikel dalam jurnalistik
termasuk dalam kategori views (pandangan atau opini) seperti tajug rencana,
surat pembaca, kolom, analisis berita, karikatur.
(sumber : jurnalistik terapan,
asep syamsul m. Romli, batik press, 2003: 79)
Artikel adalah sebuah karangan faktual
(nonfiksi) tentang suatu masalah secara lengkap yang panjangnya tidak
ditentukan tergantung koran yang bersangkutan, untuk dimuat disurat kabar,
majalah dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan atau fakta guna meyakinkan,
mendidik, menawarkan pemecahan suatu masalah, atau menghibur
Artikel ditulis
berdasarkan realitas yang memperkuat fakta-fakta kebenaran sebagai
subtansi utamanya.
Hakikat artikel menunjukkan analisis singkat masalah yang
besar dan aktual.
Setelah membaca artikel pembaca menjadi tahu keadaan sesuatu yang
telah, sedang dan akan terjadi lewat analisis singkat artikelis
Artikel adalah karangan prosa dalam media masa yang membahas pokok masalah secara lugas. Dari segi bentuk tak ubahnya seperti esai. Meski begituh bukan esai karena sifatnya tidak pribadi dan cakupannya sangat luas. Juga beda dengan esai, artikel tidak terlalu memperhatikan keindahan bahasa dan bentuk. Panjangnya bervariasi, dimaksudkan untuk menyampaikan gagasan (fakta, dengan tujuan meyakinkan/membujuk/menghibur pembaca) yang penting dalam artikel adalah isi yang benar dan aktual , susunannya rapih, dan kehematan (ekonomi) kata,(sumber: ensiklopedia indonesia, ichtiar baru-jakarta, 1984:273 dan ensiklopedia pers indonesia, gramedia jakarta, 1991:14)
Artikel adalah karya
tulis lengkap dalam majalah, surat
kabar, dan sebagainya. (sumber : kbbi, jakarta, 1988: 49)
Artikel adalah karya
tulis lengkap dalam majalah, surat
kabar, dan sebagainya. (sumber : kbbi, jakarta, 1988: 49)
Artikel adalah bagian
tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti laporan dan esai
(sumber: the american heritage
desk dictionary, boston, 1981: 59)
Artikel adalah
tulisan lengkap dalam surat kabar,
majalah , dsb. (sumber: essential english dictionary, london, 1989:39)
Artikel adalah karangan yang menampung gagasan dan opini
penulis, bisa berupa gagasan murni. Atau memungut dari sumber lain, referensi,
perpustakaan, atau pernyataan orang lain.
(sumber: tjuk swarsono wartawan
senior)
Artikel adalah suatu
tulisan tentang berbagai soal , mulai politik, sosial, ekonomi budaya dll.
(sumber: r. Amak syarifuddin,
dosen stikosa aws surabaya)
Artikel yang baik memiliki muatan fakta, interpretasi dan opini.
Fakta adalah kenyataan
yang ada sesuai dengan data yang sebenarnya.
Interpretasi adalah hasil pemikiran berupa penafsiran, pengertian
atau pemahaman.
Opini adalah pendapat atau
pandangan seseorang terhadap masalah yang terjadi
Simpulan pengertian artikel
Berdasarkan berbagai pemikiran para ahli di atas tentang artikel maka dapat disimpulkan artikel ditulis berdasarkan realitas yang memperkuat fakta-fakta kebenaran sebagai subtansi utamanya.
Hakikat artikel menunjukkan analisis singkat masalah yang besar dan aktual. Setelah membaca artikel pembaca menjadi tahu keadaan sesuatu yang telah, sedang dan akan terjadi lewat analisis singkat artikelis.
1.Format pertanyaan : Nama ; Rumisih
Propinsi ; Jateng
Pertanyaan ; Bagaimana cara mengubah pandangan: saya menulis
karena hobi, jadi blm sampai menulis sebagai kebutuhan
Ada yang menulis hanya untuk koleksi buku, hanya
membudayakan literasi buku saja, ada juga yang hoby ( bisa saja ikut antologi
rame rame menulis buku) ada juga untuk kenaikan pangkat sehingga akan emncari
sumber untuk batasan batasan aturan yang berlaku. Ada juga menulis untuk
mencari uang saja.
Menulis untuk sebuah kebutuhan,sesuai dengan tujuan untuk
cari uang, kenaikan pangkat, hoby atau lainnya.
Masuk ke komunitas para penulis
Mencari mentor untuk menjadi guru dalam menulis.
Jika sesuai hobi, kalau ada waktu menulis, kalau tidak ya
tidak menulis. Ddalam menulis buku atau artikel sesuaikan tujuan dan motivasi.
2. Nama: Banne Ima Gasong Prop:
Jatim
Pertanyaan:
Apakah ada perbedaan antara artikel pendidikan dengan
artikel yg dimuat di media masa?
(Format atau tata cara penulisannya)
Terimakasih
Yang namanya artikel baik di media massa atau di jurnal
memiliki kesamaan. Jadi konteks nya ada pembahasan,
Yang membedakan adalah pola penyusunan
Sedangkan menulis artikel pendidikan jurnal, tentu
selingkung dengan yang meminta. Artikel untuk media masa tidak ada. Artikel kita
bisa dikembangkan. Artikel bisa dipahami dengan membandaingkan artikel akrya
milik orang lain. Mungkin di awal meniru artikel gaya orang lain, kemudian baru
memiliki gaya tersendiri dan menulis untuk media cetak misalnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar