Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 10 Juli 2020

AYO CIPTA LEMBARAN KARYA DENGAN PENA RESUME HARI KE 18

KITA CIPTA LEMBARAN KARYA DENGAN  PENA 
BERSAMA AGUST SUBARDANA,S.E,M.M.CDS


SARWIYANI- PATI-GELOMBANG 12
Hari                 : Jumat, 10 Juli 2020
Nara Sumber    : Agust Subardana,S.E,M.M.CDS

NARA SUMBER

Bersama bapak Agus Suhartono malam ini kita dipertemukan dalam sesi pembelajaran. Kali ini narasumber masih tentang seluk beluk penerbitan buku. Kali ini dari penerbit Andi yang akan memaparkan lebih jauh tentang penerbitan buku .

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

MASA PANDEMI 

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku. Jika direwie dampak covid 19 ini terjadi ada penurunan omzet  buku 70 %- 80 %. Banyak penerbit yang berhenti dan atau gulung tikar dari adanya pandemi corona ini. 


Dari grafik disajikan, kita bisa melihat datanya. Selama masa pandemi corona ini, sangat pengunjung sangat turun dratis, pertengah bulan Februari mulai turun, awal April ada geliat namun yang paling nampak pada bulan Juli ada kenaikan dari dampak adanya covid 19. Gramedia dibuka awal Juli sesuai protokol covid 19 

Dengan menghadapi pandemi ini, penerbit buku  perlu melakukan startegi . pentingnya transformasi digital. menuju digital. Dibutuhkan interaksi antar individu yang minim.

Perubahan ini berdampak banyak hal, mulai dari cara bekerja , mulai mengajar, bagi guru, dosen, cara mengajar,  kehidupan sehari-hari , semua mengalami perubahan yang begitu pesat Dan besar

MARKETING DIGITAL

Maka starteginya yang digunakan adalah digital marketing dalam melakukan restorasi dalam bisnis penerbitan buku. 



Kenapa kita menggunakan digital marketing, mengapa digital marketing karena sangat efektif untuk pemasaran buku dan untuk meningkatkan penjualan salah satunya.

Kedua harus tetap berhubungan dengan medsos dalam hal digital marketing ini.pastikan bukuyang kita jual ada di online. Semua marketplace  ada shofie, Juga membangun reseler reseller yang bisa memasarkan buku secara online. Youtube

     Startegi untuk penjualan buku secara online pemasaran yang paling efektif dengan menggunakan komunitas-komunitas. Dengan produk produk yang tinggi. Misal novel untuk komunitas novel, guru dengan menawarkan sarana dan prasaran tentang pendidikan diinformasi  dan produk daring yang diterbitkan.  

    Selebihnya lebih di depan dari komputer. Satu strategi untuk pemasaran buku dengan menggunakan tim yang mengerti akan pemasaran lewat digital marketing ini.

Selain itu juga melakukan promo promo khusus dengan adanya pandemi coroni ini , semacam memberikan diskon, rabat yang lebih pada konsumen. Untuk menarik konsumen dengan memberikan motivasi agar tertarik , juga mengadakan seminar webinar dengan zoom, atau sejenisnya  untuk melakukan promosi dalam hal pemasaran buku
        Untuk mempertahankan pemasaran buku, juga menjadikan brand yang tanggap situasi. Jadi harus siap cepat merespon dan jika ada yang ingin membeli buku, juga cepat mengirimnya dalam transaksi. Jika ada komplain juga harus segera diatasi. Dan memberikan penjelasan yang lebih detail kepada konsumen yang mengadakan komplain.

         Ada strategi lain yang dapat digunakan dengan mobile marketing. Dengan menggunakan internet yang lebih besar akan memberikan dampak yang lebih besar juga. Menggunakan email marekting, untuk mengadakan pendekatan dengan pemasaran derta mudah untuk melakukan edukasi secara terus menerus.

    Cara lain untuk mempertahankan buku dengan menggunakan cara pemasaran dengan pelanggan personal marketing. Dapat menampilkan iklan atau informasi dengan menampilan iklan secara personal, sehingga mampu mengidentifikasi karakter yang sesuai dengan konsumen.

Kalau dilihat cara mempertahankan pemasaran buku ini dengan strategi kontinew. Pemasaran secara berkelanjutan. Program maketing ini akan berjalan terus menerus menyasar pengguna sosmed, dan pengguna mareting dapat mempertahankan pemmasaran buku ini.

 Tak lupa harus terintegrited digital marketingnya, menggantungkan seluruh marketing yang disajikan, agar digunakan dalam sebuah website atau toll. Sehingga dalam menggunakan digital marketing semua kena, semua terkoneksi antara yang satu dengan media yang lainnya. Sekali kita uploud semua kena dan terkoneksi.

 Dalam pemasaran buku perlu menghadirkan visual marketing. Visual marketing sangat pendting. Seperti instagram, youtube, juga visual yang lain, hal ini enggunakan gambar sang sangat tajam sehingga akan menarik bagi konsumen.

Dalam digital marketing,kita perlu google edword merupakan saran berbayar yang memiliki potensi manfaat sangat besar. Marketing sangat penting untuk bisnis apapun. Akan banyak membawa visitor ke website tujuannya

POTENSI BUKU SEKOLAH


Potensi buku untuk sekolah. Saat pandemi ini potensi sarana mempertahankan dalam masa seprti ini sangat tepat. Akrena banyak manfaatnya sesuai dana bos. Sekolah boleh untukmengembangkan perpustakaan. Dalam program inilah perpustakaan membutuhkan buku yang sangat diperlukan yang bisa bermanfaat untuk sekolah masing-masing.

 Kaitannya dengan adanya dana BOS, dapat dipergunakan untuk bermacam macam. Ada pemenuhan buku ajar, pemeliharaan, buku teks kurikulum baik buku paket maupun buku pendamping.

 

Penerbit Andi juga melayani pembelian buku melalui simplah. dalam penggunaan dana bos harus menggunakan marketplace dengan belanja.com. byt ly. 




SESI TANYA JAWAB DENGAN PESERTA

1. Endang Rima Widyaningsih, SD TERPENCIL BUKIT INDAH. 
Ijin bertanya: Bagaimana pendapat bapak Agus Dana selaku Direktur Pemasaran Penerbit ternama tentang tren buku dengan bentuk Softcopy dalam hal ini tentang kelegalannya

2.Sambil menunggu pertanyaan masuk, perkenankan saya bertanya dahulu. Bagaimana sistem pembelanjaan buku paket melalui Siplah. Apakah bisa buku di bayar setelah bukunya sampai ke sekolah???? Saya kebetulan kepala sekolah SMP yang sedang mencari buku ajar di siplah pak. Terimakasih., 
 menggunakan belanja .com dan byt ly byt ly. 
berita acara serah terima barang. diuload ke simpla. transfer ke . bukti diuploud baru akan dibayar. barang sampai tujuan baru dibayar.
ada panduan untuk belanja BOS 

3. Assalamualaikum wr.wb.Andy Muhtadin Beltim-Babel 
Pertanyaannya:
Bagaimana cara kita bekerja sama dalam memasarkan buku kami sebagai penulis dg pihak penerbit marketing dalam memasarkan buku karya solo, karya bersama.
Atas jawabannya terima kasih

biasanya bersama sama dengan penulis dalam amrketing antara penulis dengan penerbit adakan ekrja sama dengan bedah buku. kalau sekarang dengan webinar. keuntungan kedua belah pihak. jika penulis ingin promosi sendiri, penerbit akan memberikan rabat 30-40 % dalam kerjasama memasarkan buku yang ditulisnya.

4.Mhn maaf, ijin bertnya Sblmnya perkenalkan saya, Sunaryo, dri Berau, Gelb.11
Pertanyaan:
1.Apa peran yg diharapkan oleh penerbit (terutama bag.pemasaran) terhdp penulis utk ikut andil dlm menghadapi kondisi pemasaran buku saat ini akibat covid 19 ?
2.Apa harapany dg peran para guru dg kondisi saat ini spy pemasaran buku bs sgr pulih ?
3.Adakah stimulus dri penerbit yg ditujukan kpd para penulis & guru spy bs ikut andil memulihkan kondisi pemsran buku mnjdi lbh baik lg ? Klo ada, wujudnya sprti apa ?
Terimakasih

1. Peran yang diharapkan dari penerbit untuk penulis adalah penulis dapat berkolaborasi dengan penerbit dalam hal mengadakan promosi bersama lewat medsos dan media yang ada. agar buku yang ditulis penulis tsb dapat meningkatkan pemasaran / penjualan. harus ada kolaborasi antara penulis dan penerbit bisa melalaui webinar bedah buku, dengan zoom, atau lainnya.
2. peran guru dapat juga membangkitkan semangat membaca kepada tadiknya, memberikan suatu motivasi untuk gemar membaca. optimis akan berdampak baik agar murid dapat membaca buku diperpustakaan masing-masing. dengan sistem daring, siswa di rumah diberi PR  dan beban membaca. dengan membaca inilah akan menambah minat membaca siswa.
3. Stimulus yang diberikan pada guru, pertama dengan adanya rabat kepada penulis maupun guru. dengan adanya rabat akan menambah incame bagi penulis dan guru. juga memberikan doorprise kepada guru atau penulis. agar ada penawaran  dari komunitas penulis maupun guru.

 5..Izin bertanya: Ai S Dewi SMPN1 Cibogo
Pak bagaimana  caranya agar buku kita masuk di akun siplah dan apa syarat-syaratnya. Terima kasih

a. harus ada SK penilaian dari puskur book, masuk ke wibsite servis buku, masuk ke siplah . dari marketplace akan uploud. buku harus lolos dari puskurbook. jika sudah masuk ke siplah sudah resmi diterima.
b. mendaftar kan diri sebagai penyedia barang ke marketplace. akan memasarkan buku tsb pastinya melalui syarat yanga ada. SIUP, NPWM, legalitas. dll

SIMPULAN
Semua harus ditulis. Apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis , dan tulis. Suatu saat pasti berguna...kami siap membantu.... Dalam memasarkan buku





21 komentar:

  1. Lengkap banget BuAning resumenya, salam literasi

    BalasHapus
  2. emang semangatnya TOP bunda ini
    mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ndak ketinggalan jauh sama yg muda hehehhee

      Hapus
  3. Luarbiasa .. Langkap... Terimakasih atas perhatiannya..
    Sukses selalu ...

    BalasHapus
  4. Keren bu...poin pentingnya benar2 bisa didapat...👍👍🙏

    BalasHapus
  5. Baguuuus nih warna dimainkan jd minat baca muncul

    BalasHapus
  6. Keren bu, semangat berliterasi

    https://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/07/transformasi-digital-dalam-dunia.html?m=1

    BalasHapus
  7. Keren Bu Aning... koreksi sedikit nama pak Agus nya

    BalasHapus
  8. Mantap..bu aning.. Sudah lengkap dan jelas...salam literasi..

    BalasHapus
  9. Salam literasi ..resume yg komplit ..bagus tertata ..sukses y bu

    BalasHapus

Post Top Ad

Your Ad Spot