Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 14 Agustus 2020

CARA MULAI MENULIS ARTIKEL -HARI Ke 9

 

BAGAIMANA CARA MULAI MENULIS ARTIKEL?



Fungsi seorang mentor guru renang adalah untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan ketika kita sedang melaksanakan renang. Mentor atau guru renang ini.  Tentu saja sangat bermanfaat bagi para perenang pemula,  yang sama sekali belum pernah  melakukan renang,  atau hanya baru mengetahui pola pola gaya  renang saja.  

Di dalam menulis artikel pun sama memiliki banyak teori tentang cara renang ke ketika tidak pernah terjun dapat memulai tidak pernah berlatih untuk melaksanakan kegiatan menulis artikel, tentu saja ini akan berdampak kepada kualitas dan kemahiran Seseorang dalam proses menulis artikel. Itulah sebabnya bimbingan teknis cara ini sebagai salah satu upaya agar mempercepat rekan-rekan bisa melaksanakan atau melakukan kegiatan untuk  menulis artikel. Bukan saja kita menulis artikel tetapi tujuan utamanya Bagaimana tulisan kita bisa tembus untuk dimuat di koran atau majalah.

 

TIPS MENULIS ARTIKELUNTUK PEMULA

  1. .       Kumpulkan tulisan artikel karya orang lain secara tematik baik klipping maupun tulisan online
  2. .  Baca tulisan artikel milik orang lain kemudian kita tulis kembali artikel tersebut dengan menggunakan bahasa kita sendiri.
  3. .       Cara lain tulis  sebuah artikel tanpa berpikir apakah tulisan itu terasuk artikel atau bukan
  4. .       Penulis artikel pemulapasti akan mengalami “All of the first draft are Shits” tulisan  pertama pasti kacau balau.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan empat hal ,cara  menulis artikel khususnya bagi pemula agar tulisan kita bisa dimuat di koran dan majalah.

Pertama adalah mengumpulkan tulisan artikel karya orang lain secara tematik, baik klipping maupun jurusan online ini adalah teknik tips agar kita bisa menguasai bisa melakukan menulis terkait dengan teknik menulis artikel.

Kenapa harus mengumpulkan karya orang lain?  untuk apa . terutama secara tematik?  Ketika beliau  belajar menulis artikel-artikel kursus guru-guru beliau menyarankan agar membuat artikel secara cepat mengumpulkan karya karya orang lain sehingga kita akan bersama kita akan memiliki gambaran.  Runjukkan dan referensi yang mudah misalnya pada tanggal 17 Agustus tentang karena setiap kita bisa membuat  klipping tentang 17 Agustus.  Kenapa banyak kesulitan dalam menulis artikel dalam menuliskan dalam  1 tema ? caranya Kumpulkan tema tema yang sejenis, tulisan tulisan yang tema sama, sejak itu beliau rajin mengumpulkan tulisan karya orang lain, terutama yang memiliki data, yang suatu saat bisa digunakan untuk menulis artikel kapan saja.

 

Ketika temen-temen akan produktif di bidang artikel-artikel,  Maka disarankan  mengumpulkan artikel atau tullisan dari tema-tema yang sejenis karya orang lain,  kumpulkan tema-tema yangs ama dalam klipping,atau tulisan dalam satu file.  sejenis misalnya kalau tentang RA Kartini, semua RA Kartini kalau berkaitan dengan Hari Pendidikan Nasional kumpulkan kumpulkan karya orang lain.  Kumpulkan tulisan-tulisan karya orang lain dalam satu file. Beliau menggunakan kertas bekas ya jadi di belakangnya memanfaatkan kertas bekas yang tidak bisa digunakan dimanfaatkan untuk mengkliping menempel koran-koran yang bertemakan sama.  Ini sangat bermanfaat sekali saya dan saya dulu waktu zaman mahasiswa itu karena waktu itu tenaganya kuat,  Alhamdulillah Salah satu cita-cita tujuan beliau tercapai yang termasuk juga kuliahnya  untuk membayar SPP juga dari koran beliau. Beliau membayar kuliah SPP nya sebagian dari honor honor tulisan yang ditulis di koran. Contohnya hari pendidikan nasional, beliau memborong koran, kemudian di baca dan dikliping dikumpulkan, tahun berikutnya tanggal 2 mei beliau bisa menulis tentang hari pendidikan  dengan tulisan yang beda. Boleh mengutip pada tulisan orang lain, yang tidak boleh itu plagiat atau mengaku tulisan orang lain.

 

Kalau temen-temen bukan hanya artikel, jika suka menulis novel dengan cerpen dengan puisi itu sama tekniknya sama, kalau misalnya saya berminat di cerpen, kumpulkan juga karya orang lain, gunting dan buat kliping kan  karya orang lain.  Kalau boleh hari Minggu ya lihat saja Ada cerpen di gunting di tapi kalau cerpen sangat rajin ya kalau memang itu setiap kliping, lihat perhatian teknik dn cara menulis cerpen di koran. Sehingga pengetahuan kita bertambah, kosa kata bertambah, dan dapat memperluas wawasan.

Rujukan rujukan semacam ini sangat penting untuk penulis pemula. Mereka juga mengumpulkan karya karya orang lain, hal ini untuk menulis artikel, cerpen, atau puisi dan lain-lain.

Tulisan sendiri juga orang lain kalau untuk menulis artikel atau cerpen di koran koran kalau temen-temen nanti berminat menulis buku maka kumpulkan juga buku-buku yang  temanya sama .  Ketika akan mengumpulkan cerita pendek mengumpulkan artikel yang temanya sama,  dipastikan yakin temen-temen akan lebih cepat dalam menulis artikel, karena punya rujukan-rujukan yang bisa mengembangkan gagasan-gagasan  ketika kita mengalami kesulitan.  Contoh , Dulu pernah beliau bukan pengamat kepolisian bukan pengamat Bhayangkari itu Tapi beliau tahu ada satu hari yang selalu diperingati oleh Bhayangkari oleh kepolisian. Beliau paham betul bahwa  Kalau ada 1 bulan dalam satu tahun itu ada hari lahirnya kepolisian itu timbul di tahun sebelumnya pihak kepolisian saya membeli 4 koran tetapi Pasti lihat isinya terkait dengan masalah kepolisian karena orang-orang polisinya menulis dengan kepolisian.  Ketika di tahun berikutnya teman-teman itu kan ada hari H tentang Bhayangkara cara menulis apa itu yang sedang trend yang menjadi visi misi Kepolisian.  pembahasannya karena saya bukan orang polisi,  tapi sepertinya akan punya beberapa sumber sumber artikel.

Materi itu  dirangkum juga ditulis dengan bahasa sendiri,  kemudian saya kirim. sekarang ada itunya kan dibuat nanya penulis adalah pemerhati kepolisian sosial dan pendidikan.

Dengan adanya tematik kliping sangat membantu dalam pengembangan tulisan. Juga sangat membantu dalam berbagai jennis tulisan.  Dan itu ternyata sangat membantu menulis apapun bisa ke sini ya beliau lebih fokus pendidikan sejalan dengan usia beliau.Maka selalu fokus berkaitan dengan masalah pendidikan dan sosial. Beliau  sekarang tidak lagi melulu  tentang perfilman tidak lagi,  tentang budaya tentang televisi dulu senang karena banyak gagasan banyak sekali. Orang lain yang bisa lebih fokus pendidikan. Dan bidang ini disukai beliau sehingga sampai hari ini lebih banyak menyimpan kliping karya orang lain dalam bidang pendidikan baik makro maupun mikro.  Mudah-mudahan klipping ini berarti pegangan pada tempatnya semula karena terbaik yang saya rasakan sehingga menghasilkan banyak hari ini nanti juga tidak pernah melakukan ini sehingga ketika menulis hanya hanya pemikiran …

 Temen-temen yang kedua tips bisa berarti kalau untuk khusus para pemula yang kedua adalah biasakan baca tulisan artikel milik orang lain. Kemudian kita tulis kembali tulisan tersebut dengan menggunakan bahasa kita sendiri.  Dari latihlah teman-teman biasakan melatih membuat tuliasn dari hasil karya orang lain, tulisan orang lain dibuat karya tulisan yang sama pokok bahasannya sama.  Temanya dengan menggunakan bahasa kita gimana dong itu kan panjang banyak ya hampir 800 kata tetapi Ketika saya tulis hanya 300 kata, nggak papa . Ini teknik-teknik cara menulis teknik cara latihan nanti kalau begitu dengan teknik itu ternyata sangat Mustajab ya untuk meningkatkan kekuatan kita di dalam artikel dengan pola itu pun ternyata bisa meningkatkan juga kemampuan kita di dalam menulis artikel.

Yang ketiga teman-teman semua ketika kita sedang berlatih menulis artikel ya jangan terlalu banyak berpikir. Apakah ini jenis tulisan artikel atau bukan ?  Jangan berpikir semacam itu karena kalau berpikirnya terlalu berbicara jenisnya jadi tulisan ini pokoknya salah satu yang menarik kemudian setelah itu ada pembukaan dilanjutkan dengan pembahasan dan terakhir kesimpulan.  itu Coba kita belanja nanti membikin artikel mini, yang penting ada pembukaan, pembahsan dan simpulan. Sehingga kita bisa mengetahui yang penting di dalam artikel itu urusan itu ada ada permukaannya ada pembahasannya ada solusi atau kesimpulan. Ketika temen-temennya berbincang tentang permasalahan terus itu tidak ada pembahasan Tentu saja Ini agak jauh-jauh dari jenis tulisan artikel Namun teman-teman semua di dalam menulis jangan berpikir dahulu sampai ke situ.

 

Teman-teman yang ke 4 penulis artikel pemula, sudah dipastikan kalau kacau balau sehingga yang terjadi adalah kok ndak nyampe nyampe pada simpulan. jangan merasa paling TIDAK BERBAKAT, tulis baca coret, baca lagi tulis lagi coret lagi dihapus lagi jadi itu memang semua akan dialami semua orang. Ketika belajar menulis kolom sama-sama saya juga baru dua paragraf.

Nggak boleh untuk pemula yang pertama sampaikan adalah mengumpulkan tulisan artikel karya orang lain baik manual maupun online Semakin Semakin Semakin semakin kita nanti nanti lama-lama juga bisa ini termasuk Kalau merasa ketika kita sedang belajar bermain sore lagi udah nggak apa-apa itu biasa yang tidak menyebarkan dapatkan itu 1% bahkan 1% 99% adalah kerja keras.jadi lakukan 4 tahapan agar menjadi jago dalam menulis.


BAB 19 BAGAIMANA AGAR ARTIKEL SELALU DIMUAT DI KORAN ?

Kita lanjutkan kita akan bahas kalau tadi terkait tips ataucara agar kita .selanjutnya bagaimana agar kita selalu dimuat di koran ? Ada 4 bagaimana agar ada 4 kiat agar aplikasi dimuat di koran dan majalah. Apa saja kiatnya ?

1.Artikel harus faktual.  Tema tema yang ini kan itu faktual atau tidak jadi tidak ada yang jelek,  yang ada hanya salah timingnya salah. Kenapa ya Banyak hal banyak faktor yang menyebabkan salah satunya adalah harus bagaimana ? salah satunya tidak faktual, tidak ngetren.  Koran lebih cenderung mementingkan membicarakan yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan tanggal 14 . 14 Agustus hari lahirnya Pramuka. Yang lain mengirim tema beda, maka tulisan kita bisa di buat.  Kirimkan tulisan itu H-3 atau H-7 sebelum hari jadi Pramuka misalnya. Agar tulisan kita bisa dimuat pada hari tersebut.

2. Coba dari ide yang berbeda dari penulis penulis lain. Berbeda dari sudut pandang lain jangan sampai tentang pramuka kita cari yang berbeda dengan itu penting sekali. ketika kita memiliki dengan tema tema tematik ini sangat membantu yang terkait karena pramuka,  contoh  malam ini apa kira-kira pemerintah Pak Jokowi memiliki tema apa sehingga begini yang sedang di akan digulirkan secepat kilat kita peroleh untuk dibahas kirim artikel. Sama saja dengan teman-teman lain di bulan Agustus duluan dibuat bisa jadi yang lebih duluan datang Kita terlahir sama adalah milik kita yang akan dimuat terlebih dahulu.

3. Ketika temen-temen tidak memperhatikan etika dan tata krama. Ketika tidak perhatikan etika dan tatakrama tidak akan dimuat. penulis ini juga sangat penting ketika temen-temen tidak memperhatikan etika dan tata krama . Dan yang terakhir adalah fokus pada 1 bidang ilmu. Sebaiknya jangan berbagai bidang yang lain,  ya sebaiknya itu setelah temen-temen dikembangkan jangan tergiur ilmu politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan. Pilihlah salah satu kalau sudah pentingnya pendidikan jangan menulis yang lain. Semoga materi ini bermanfaat bagi teman-teman yang lain.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot