Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 22 Juli 2020

UBAH PTK JADI BUKU TANPA TEMPLATE -RESUME HARI KE 23


UBAH  PTK JADI BUKU TANPA TEMPLATE


SARWIYANI-PATI-GELOMBANG 12
RABU, 22 JULI 2020 

Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang apa siapa dan bagaimana Bapak Lukman Hakim. Bisa dilihat atau dihubungi di alamat ini.
P3G Jawa Timur
Penerbit Delta Pustaka
Blogger: kelaskuonline.id
Vlogger: kelasku online

Nara sumber malam ini adalah Bapak Lukman Hakim. Beliau mendedikasikan dirinya kepada pengembangan diri guru, mulai dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. untuk itu beliau memiliki lembaga: Pusat Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur (wadah pelatihan pengembangan diri) dan Penerbit Delta Pustaka serta Jurnal Inovasi Pembelajaran (wadah PI dan KI) beliau  menggagas beberapa pelatihan:

video

Disini saya ingin berbagi dengan teman2 semuanya. Pelatihan PTK ini didesain mulai dari awal sampai menjadi Buku tetapi karena ada pandemi maka terhenti sementara karena untuk penerapannya membutuhkan tatap muka jika berkenan silahkan teman2 mengikukti video tersebut setelah PTK selesai, maka pelatihan selanjutnya adalah: 

video

PTK jadi BUKU: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ

PTK diubah menjadi buku referensi/buku pendidikan .Angkatan 2 baru saja selesai dengan menghasilkan 90 karya buku pendidikan/referensi berISBN yang diterbitkan oleh delta pustaka .Bagi teman2 yang tidak menulis serius seperti PTK dan PTKjadiBUKU, saya menggagas Quick Writing Series:

 

Quick Writing Series: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHreRS-xkH5HLeNk-TTnn55f

QWS ini menulis santai tentang catatam harian guru , mulai dari 2-6 halaman;  tagline: 1 hari 1 buku antologi

QWSpertama telah selesai dan menghasilakn 14 buku selama 14 hari

Masa pandemi masih berlangsng, maka saya mencoba membuat pelatihan modul terintegrasi Youtube

Pelatihan Modul: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpJEsLql5WgZYg105rDo15V

masih berlangsung untuk tingkat lanjut diakhir acara ini akan saya bagikan ebook buku saya 3 buku secara gratis untuk teman2

belajar tanpa batas di Tulisan-tulisan saya dapat dinikmati di : http://kelaskuonline.id/

Kelasku online YOutube saya di: https://www.youtube.com/channel/UCRSNsd3kVms_bneVKetRW7g

Buku PTK jadi Buku tentang Mind Map





Buku pelajaran IPA itulah teman2 beberapa materi yang ingn saya sampaikan semoga menjadi pemantik teman2 untuk selalu semangan menulis

 

SESI TANYA JAWAB DENGAN PESERTA

1.Bisakah Pak Lukman menjelaskan bagaimana cara membuat buku catatan harian guru? sebenarnya semua terjawab di Youtube ini

saya menggagas QWS memang untuk menulis santai outline sederhana: pendahuluan, isi dan penutup pendahuluan: pengalaman menarik dalam aktivitas sebg seorang guru. bagian inti menjelaskan kejadian yang dialami dalam sudut pandang yang menginspirasi. penutup: hal2 yang dapat diambil oleh ibroh/pelajaran oleh pembaca.

tulisan2 saya di http://kelaskuonline.id/ kebanyaka adalah catata harian pendek2 dan enak dibaca

2.Saya tadi sempat melirik kata penerbit Delta di CV Cak Lukman. Apakah penerbit ini yg di surabaya dan termasuk penerbit yg sdh terkenal itu?

Menulis bagi saya adalah bagian dari mengajar menulis itu juga memunculkan penerbit semua terkoneksi antar satu dengan lainnya sehingga semua bs berjalan beriringan buku IPA SMK itu muncul dari kebutuhan untuk mengajar. 2009 saya diterima PNS, masuk tahun ajaran baru saya menggunakan LKS beli 7rban. saya anggap LKS itu tidak layak tahun ajaran berikutnya saya menghentikan pengguaanan LKS dan membuat buku sendiri lahirlah Buku IPA SMK saya terbitkan menggunakan penerbit sendiri yang saya buat sendiri menulis di kelaskuonline.id juga sama.

apa yang saya alami ketika menjadi guru, saya tulis di sana sebagai tabungan akan saya terbitkan buku kedua Guru Penggerak 4.0 dari tabungan di blog: kelaskuonline.id jadi saya tidak membutuhkan manaj waktu. Terima kasih.

3.Izin bertanya Bunda : Ai S Dewi SMPN 1 Cibogo. Malam Pak Lukman, Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? terima kasih

Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? ndak ada sih semua buku yang saya daftarkan dalam bentuk cetak,  kalo ada permintaan dari penulis untuk diebookkan saya akan ebookan

4.Ijin bertanya saya Katmie dari SMAN 6 Palangka Raya.

Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku?

Apakah harus ada lembar pengesahan/validasi dari Dinas Pendidikan? Terima kasih

Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku? sangat bisa tetapi jika diberi kelas maka harus berjilid misalkan saya di SMP mengajar IPA. maka buku pelajaran harus lengkap 3 mapel. karena ada ISBN ber jilid kalo sdh diISBNkan dan diterbitkan tdk perlu validasi dari dinas pendidikan. kalo tdk di ISBNkan, maka wajib ada pengesahana. untuk menentukan nilai AK sila baca buku 4 PKB.

5.Slm mlm Ibu Sri..moderator hbt, ijin mhn tanya sm bpk Lukman narsum luar biasa pernalkan saya nama I Nengah Suradnya  dari Bali, apa yang melatarbelakangi bpk mndirikan sebuah lembg pengembngn profesi guru di Jawa Timur? Dan manfaat apa yg bpk dapatkan?trimkasih

alasan ada di video ini  Tiga Pilar Publikasi Ilmiah  http://kelaskuonline.id/tiga-pilar-publikasi-ilmiah/

semoga bisa menjawab

6. izin bertanya: untuk PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? terima kasih.  Bahrudin dari Rembang

untuk PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? kalo laporan PTK sesuai kebutuhan, saya pernah membuat PTK lengkap dnegan halamannya 150 halaman. kalo PTKjadi BUKU minimal 80 halaman kalo di delta pustaka agar punggung bukunya kelihatan

tidak ada ketentuan asal semua aspek dalam PTK terpenuhi seseuai buku 4 PKB

7.Assalamualaikum.Ijin bertanya untuk materi malam ini ya Bun..Saya Kartini, gel 12 dari Bekasi

Saya sudah punya beberapa PTK, namun saya masih blm pede dgn PTK saya tersebut, dan PTK itu sudah saya gunakan untuk kenaikan pangkat saya.Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa PTK tersebut dijadikan buku ?Demikian pertanyaan dari saya, terimakasih

 sangat bisa  PTK jadi BUKU: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ ikuti materi ini saya siap berbagi dengan teman2 silahkan WA pri

8.Ass war wab, perkenalkan saya Damdam Efendi dari SMPN 41 Bandung, ijin bertanya Pa Lukman:

1. Bagaimana langkah yg paling mudah dan sederhana untuk mengubah skripsi, tesis, dan PTK menjadi sebuah buku?

2. Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda?

Terima kasih, Was

9.1. Bagaimana langkah yg paling mudah dan sederhana untuk mengubah skripsi, tesis, dan PTK menjadi sebuah buku? 

PTK jadi BUKU: https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ

2. Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda? Bisa

PTK itu memiliki kekhasan yaitu: pada kelas tertentu dan mapel tertentu tidak bisa digeneralisir. misalnya saya membuat PTK IPA PBL di kelas V-a . saya teliti lagi PBL di kelas VII-b, maka tidak ada masalah. milanya saya membuat PTK IPA PBL di kelas VII-a .

Terima kasih Pa Lukman atas berbagi ilmu dan wawasannya serta jawaban atas petanyan yg telah disampaikan, dan juga kepada Bu Sri yerima kasih sekali

10. Nama sy sofina. Dari depok

Bagaimana caranya  unt menerbitkan bk cepat selesai, sementara kondisi sy satu sisi sy sambil belajar menulis di grup ini. Satu sisi sy jg buat media pembajaran kreatif. Satu sisi sy jg masih mengajar. Rasanya ini mau pecah kepala. Semua mau diselesaikan tp kepala cuma satu,mana yg didahulukan?

Karya INovatif  boleh dibuat oleh siapa saja. tidak harus guru bahasa yang mampu membuat puisi. saya pernah membuat tantangan 1hari1puisi. Ternyata puisi orang matematika lebih bagus. angka kredit untuk karya inovatif dibagi 2 sedrhana dan kompleks . kompleks 4 sederhana 2. lihat buku 4 PKB



11. Assalamualaikum, Pak Lukman Hakim sy bu sri gel. 12, izin bertanya ya, :

Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya,  terima kasih atas penjelasannya.

QWS itu saya konsep bebas . Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya? tidak ada ketentuan seperti itu. namun jika ingin dibagi beberapa tema akan jauh lbh memudahkan. bisa dilihat ebook buku saya Guru 4.0

12. dr Ika Fitriyati. bunda kanjeng, ijin bertanya tuk pak lukman.

1. brp lama proses dr mengirin naskah ptk tuk dijadikan buku di penerbit Anda?

2. bgmn jg dg buku2 yg lain, selain ptk?

3. prosedurnya bgmn? mtr nwn..🙏

apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual?

Jika ditulis dengan bahasa yang sederhana dan pendek (2-6 halaman A5) dan menginspirasi maka akan sangat layak jual. Tentuk ini masalah PD atau tidaknya penulis sih. Kalo saya tidak pernah menjual buku saya. Saya suka membagikan atau bayar seikhlasnya

Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?  Justru itu akan sangat bervariasi ceritanya. dan itu tidak ada masalah. Buku saya Guru 4.0 itu buku campur2. Silahkan 

1 bulan: layout 1 hari...cetak 2 minggu

kirim naskah, saya tata, edit silang, saya edit penulis juga edit

13: Izin bertanya Cak. Mohon berkenan berbagi tips PTK pembelajaran daring (Syamsuddin, SMP Al-Qur'an Bogor) Kenapa jarang guru bahasa yang bisa nulis bagus?

menulis itu masalah rasa, pak syam. masalah rasa tidak akan dipengaruhi oleh latar belakang.saya orang fisika. tidak ada background bahasa sama seklai. saya punya kekhasan, menulis santai dan serius.kelaskuonline.id.

adalah menulis santai dan kadang menulis serius. siapapun yang belajar menulis, menulis dan menulism maka dia akan menemukan gaya menulis.ATMlah mencontoh kemudian menemukan rasa diri sendiri. begitu pak syam. genre tulisan saya: cerita nyata dan buku2 serius. saaya lemah dalam hal sastra. cerpen dan puisi, saya tidak mahir.

14.Tulisan Cak Lukman tidak hanya ringan untuk dibaca tetapi berkarakter dan mengajarkan kehati-hatian. pertanyaan saya,  apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?

(HAMDANI - KEPRI)

apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual?

Jika ditulis dengan bahasa yang sederhana dan pendek (2-6 halaman A5) dan menginspirasi maka akan sangat layak jual. Tentuk ini masalah PD atau tidaknya penulis sih. Kalo saya tidak pernah menjual buku saya. Saya suka membagikan atau bayar seikhlasnya

Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?  Justru itu akan sangat bervariasi ceritanya. dan itu tidak ada masalah. Buku saya Guru 4.0 itu buku campur2. Silahkan teman2 menilai isi bukunya. Saya tulis dengan bahasa yang apa adanya

15.Selamat malam Lukman.Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12

Maaf kalau sebelumnya agak keluar tema. Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana saya harus mengirimkan jurnal itu ?

Terima kasih

Maaf kalau sebelumnya agak keluar tema. Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana saya harus mengirimkan jurnal itu ?

Sebenarnya di buku 4 tidak ada ketentuan seperti. berafiliasi maksdnya adalah bermitra bestari dengan perguruan tinggi. Kalo bu aning berkenan, saya ada jurnal. Bila dipadang layak, bisa kirim tulisan artikel.

 16.Seproni Bandung, mohon dikirim buku/ebook sekengkspnya tentang pedomam PTK.TRIMS.

kalo bukunya belum selesai saya buat. bisa dipelajari di video

 SIMPULAN

Terima kasih bunda @Sri Sugiastuti Solo yan gtelah memandu acara ini. Saya hanya berbagi teman2. Semoga bermanfaat. 

Kesimpulan: Menulis adalah passion dan rasa. Semua bisa dipelajari. Menulis apapun itu. Jangan pernah berhenti belajar menulis. Semua penulis hebat selalu diawali dengan penulis pemula. Jika anda sdh menjadi penulis pemula, maka akan ada kemungkinan menjadi penulis hebat. Saya siap membantu menerbtikan buku teman2 Antitolak, antimahal silahkan di coba. mohon atas segala khilaf. wassalamu'alaikum warahmatullhi wabarakatuh

 

  

8 komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot